Share ke media
Wisata

Anggota DPRD Kukar Kamrur Zaman: Hadiri Pembukaan Festival Erau Adat Benua Tuha Desa Sabintulung

11 Sep 2022 02:00:51108 Dibaca
No Photo
Kamrur Zaman sambut kedatangan bupati dan wakil bupati kukar (Foto: murdian)

Digitalnews - Pemerintah Desa Sabintulung Adakan Acara “Eefen Festival Erau Adat Benua Tuha Desa Sabintulung, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu 10 /9/2022


Tampak hadir Bupati Kutai Edi Damansyah, di temani Wakil Bupati Kutai H.Rendi Solihin, Anggota DPRD Kukar Kamarur Zaman, Kepala OPD, Camat Muara Kaman di sertai Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, Kepala Desa, Kepala BPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan beberapa Pimpinan Perusahaan yang beraktivitas di Kecamatan Muara Kaman.


Edi Damansyah mengatakan sangat mengapresiasi khusus kepada panitia dan pemerintah Desa Sabintulung, atas terselenggaranya kegiatan Festival Adat yang dikemas dengan baik dan bekualitas.

    

Sebagaimana kita ketahui, bersama, bahwa sebelum pelaksanaan Upacara Erau Adat Kesultanan Kutai Kartanegara di Tenggarong maka didahului dengan pelaksanaan upacara Erau Adat Sabintulung, karena merupakan wilayah adat Benua Tuha di Kutai Kartanegara.


“Kita ketahui bersama setelah dua tahun terakhir yaitu tahun 2020 dan 2021 baik Upacara Erau Adat Kesultanan Kutai Kartanegara maupun Adat Benua Tuha Desa Sabintulung ini tidak dapat dilaksanakan karena terpaan wabah Pandemi Covid-19, dan tahun ini kembali digelar dengan dikemas dalam sebuah event / Festival Upacara Adat”. Ungkapnya


Saya rasa masyarakat kita semakin sadar untuk melestarikan, menjaga serta memperkenalkan adat dan budaya yang selama ini berkembang lalu dimunculkan menjadi sebuah event yang dibutuhkan masyarakat dalam berekspresi melalui seni dan budaya seraya memacu perputaran roda perekonomian masyarakat khususnya di Desa Sabintulung.

    

“Untuk ltu mari etam terus jaga dan tingkatkan karena melalui seni dan budaya, kita bisa menggerakkan suektor lainnya secara bersarnaan, seperti fotografi, video, fashion, desain grafis, kriya, terlebih kuliner dan subsector lainnya”. ucap Edi Damansyah


Kamarur Zaman atau yang disering disapa Mon ini salah seorang warga asli muara kaman yang di percayakan duduk sebagai anggota DPRD kukar dari partai golkar yang turut hadir, mengatakan merasa bangga lahir di muara kaman.


Karena Muara Kaman merupakan daerah cikal bakal berdirinya Kerajaan Kutai Martadipura pada abad ke-4 masehi, kerajaan Hindu pertama dan tertua di Indonesia yang pertama didirikan oleh Kudungga, dengan rajanya yang terkenal yakni Mulawarman.


Sudah barang tentu adat dan budaya kita asli dengan event Festival Upacara Erau Adat Benua Tuha Desa Sabintulung ini bisa kita angkat agar bisa meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara (dunia).


Dengan banyaknya kunjungan dan adanya festival dan exspo berkualitas sudah barang tentu ini akan berimbas meningkatnya perekonomian masyarakat yang bisa menjajikan produk khas baik yang tergabung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) maupun pertokoan yang di sekitar masyarakat.


Disamping itu “Eefen Festival Erau”, Sialturahmi kita juga bisa terjaga dengan baik, karena kita bisa besinergi dan berkolaborasi berlandaskan hidup bergotong royongan antara Masyarakat, Pemerintah Daerah, Kecamatan, Desa maupun Perusahaan yang beraktivitasi di muara kaman ini, kegiatan ini bisa sukses dengan baik”. Ucap Mon (mur)

Terkini