Share ke media
Advetorial - DPRD Kabupaten Kutai Timur

Anggota DPRD Kutai Timur Mendorong Hadirnya Puskesmas Plus di Pelosok Wilayah

17 Jun 2024 07:00:30428 Dibaca
No Photo
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim), Novel Tyty Paembonan

Digitalnews - Sangatta - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim), Novel Tyty Paembonan, menekankan pentingnya Pemerintah Daerah untuk menghadirkan Puskesmas Plus di wilayah pelosok guna meningkatkan akses pelayanan kesehatan masyarakat.

Meskipun demikian, Novel memuji kinerja Pemerintah Daerah dalam bidang kesehatan, terutama dalam hal fasilitas penunjang pelayanan kesehatan masyarakat.

“Saya kira teman-teman sudah tahu, pemerintah sudah cukup baik menyiapkan sarana Puskesmas. Itu sudah lebih sesuai dengan aturan kesehatan. Bangunan sudah bukan kayu lagi, tapi sudah beton,” ujar Novel.

Novel menekankan bahwa ruangan-ruangan di Puskesmas pun tidak sembarangan, melainkan sudah disesuaikan dengan standar yang ada. Misalnya, penempatan ruang laboratorium harus sesuai dengan standar yang berlaku.

Selain itu, Novel juga menyarankan agar bangunan yang sudah baik ditunjang dengan manajemen yang baik pula.

“Ketersediaan obat, pelayanan kesehatan, harus terjamin agar masyarakat betul-betul merasakannya,” tambahnya.

Terkait ketersediaan tenaga kesehatan, Novel menilai sudah cukup meskipun masih ada yang berstatus Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) dan honor.

“Saat ini yang saya tahu tenaga kesehatan kita, itu sampai ke tingkat Desa. Sampai hari ini menurut saya itu sudah cukup, hanya status tenaga kesehatan ini masih ada yang TK2D dan masih honor,” tutupnya.ADV