Share ke media
Advetorial - DPRD Kabupaten Kutai Timur

Anggota DPRD Kutim Dukung Rencana Pemerintah Beri Insentif Dokter Spesialis di Daerah Terpencil

23 Aug 2024 05:00:21435 Dibaca
No Photo
Anggota DPRD Kutim, Yan.

Digitalnews - Sangatta - Anggota DPRD Kutim, Yan SPD, mengungkapkan dukungannya terhadap rencana pemerintah untuk memberikan insentif kepada dokter spesialis yang bekerja di daerah terpencil, khususnya di Muara Bengkal, Sangkulirang, dan Sandaran. Yan menyatakan hal ini saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

“Saya sepakat dengan adanya insentif bagi dokter spesialis, terutama yang bertugas di daerah terpencil seperti Muara Bengkal dan Sangkulirang, Sandaran,” ujar Yan dengan tegas.

Meskipun memberikan dukungan, Yan juga mengingatkan perlunya pertimbangan matang agar pemberian insentif ini tidak menimbulkan kecemburuan sosial dengan aparat negara lainnya.

Dia menyoroti kasus tahun lalu ketika pemerintah memberikan insentif tinggi bagi guru PNS, yang kemudian memicu tuntutan dari guru PPPK karena perbedaan gaji mereka.

“Pemberian insentif ini perlu dipertimbangkan matang-matang agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial. Kita harus berhati-hati agar profesi lain tidak menuntut perlakuan yang sama,” tambahnya.

Yan juga menekankan perlunya menghitung insentif ini dengan cermat agar tidak memberatkan keuangan daerah. Menurutnya, ada banyak kebutuhan lain yang juga harus dipenuhi oleh pemerintah daerah.

Meskipun demikian, Yan mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan akses layanan kesehatan di daerah terpencil dengan menarik dokter spesialis untuk bertugas di sana.

Dia berharap insentif ini dapat meningkatkan minat dokter spesialis untuk mengabdi di pedalaman dan membantu masyarakat di sana.

“Kita harus adil dan tidak pilih kasih dalam memberikan insentif ini,” ucapnya.ADV