Share ke media
Advetorial - DPRD Kabupaten Kutai Timur

Anggota DPRD Kutim Soroti Pentingnya Screening dan Deteksi Dini HIV/AIDS

24 Aug 2024 08:00:42425 Dibaca
No Photo
Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim), Dr. Novel Tyty Paembonan.

Digitalnews - Sangatta - Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim), dr. Novel, menyoroti urgensi screening dan deteksi dini HIV/AIDS sebagai langkah krusial dalam mencegah penularan virus yang lebih luas di masyarakat.

Dengan mengetahui status HIV seseorang lebih awal, intervensi medis yang tepat dapat dilakukan untuk memperlambat perkembangan penyakit dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

“Selain memberikan manfaat bagi individu yang terinfeksi, deteksi dini juga berdampak positif bagi masyarakat luas,” ungkapnya.

Dengan mengidentifikasi kasus HIV lebih awal, langkah-langkah pencegahan dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus. dr. Novel menyarankan melakukan screening rutin pada kelompok berisiko tinggi, seperti pekerja seks komersial (PSK), sebagai salah satu cara efektif dalam mencegah penularan ke populasi yang lebih luas.

Selain screening dan deteksi dini, edukasi dan kesadaran masyarakat tentang HIV/AIDS juga menjadi fokus penting. Stigma dan diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS masih menjadi hambatan dalam upaya pencegahan dan pengobatan.

“Oleh karena itu, kita mendorong upaya bersama untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya deteksi dini dan pengobatan yang tepat, serta menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap penderita,” pungkasnya.ADV