Share ke media
Advetorial - DPRD Kabupaten Kutai Timur

Anggota DPRD Kutim Soroti Potensi Penyebaran HIV/AIDS di Muara Wahau

24 Aug 2024 08:00:16409 Dibaca
No Photo
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Novel Tity Paembonan.

Digitalnews - Sangatta - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Novel Tity Paembonan, mengungkapkan keprihatinannya atas potensi penyebaran HIV/AIDS yang cukup tinggi di Kecamatan Muara Wahau.

“Kecamatan yang memang kita lihat potensi penyebaran HIV/AIDS ini cukup tinggi itu di daerah Wahau,” ungkap Novel.

Novel menyoroti keberadaan Tempat Hiburan Malam (THM) di Muara Wahau, yang diyakini memiliki keterkaitan dengan penyebaran HIV/AIDS dan infeksi menular seksual.

“Kenapa di Wahau, alasannya ini kenapa kita melakukan di sana,” ujarnya.

Meskipun demikian, Novel menegaskan bahwa potensi penyebaran HIV/AIDS hampir merata di seluruh wilayah Kutai Timur.

“Potensi itu hampir merata, dan kemarin laporan dari puskesmas di Wahau memang sudah ada korban yang terdeteksi positif dan meninggal dunia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Novel menekankan pentingnya membangun kehidupan keluarga yang sehat, termasuk kesehatan reproduksi bagi para kaum perempuan.

“Kesehatan reproduksi kita perlu jaga, perlu kita lindungi, agar mereka tidak terkena atau terdampak bahaya dari HIV/AIDS dan infeksi menular seksual yang lain,” katanya.

DPRD Kutai Timur bersama pihak terkait akan terus berupaya untuk melakukan pendampingan, sosialisasi, dan langkah-langkah preventif lainnya guna mengurangi potensi penyebaran HIV/AIDS di Muara Wahau dan seluruh wilayah Kabupaten Kutai Timur.ADV