Share ke media
Politik

Antisipasi sengketa Pilgub, KPU Kaltim gelar rakor

09 Jun 2018 04:00:17139 Dibaca
No Photo
Vico Januardhy, S.Sos., MA - Anggota KPU Kaltim, Divisi Hukum

DigitalNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka persiapan menghadapi sengketa Pemilihan Gubernur Kaltim, di hotel Haris Jalan Untung Suropati, Kota Samarinda. 

Pada Rakor yang diselengarakan oleh devisi hukum KPU Kaltim ini,  sebagai narasumber, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kaltim, Syaiful Bahtiar, dengan materi pengawasan dalam tahapan Pilgub

Hadir pula pakar hukum, Dr. Muhammad Muhdar, Sh., M.Hum dan Dr. Mahendra Putra Kurnia, SH., MH Dekan Fakultas hukum Universitas Mulawarman Samarinda.  Selain itu, hadir juga mantan komisioner KPU yang kini berprofesi sebagai pengacara, Jofri, SH. 

Rakor berlangsung selama dua hari (6-7 juni 2018), diikuti oleh KPU Kabupaten/Kota beserta staf, dalam rangka persiapan jika kemudian terjadi sengketa pada Pilgub Kaltim khususnya setelah rekapitulasi perhitungan suara (7-9) Juli 2018 mendatang. 

Agenda ini dilaksanakan untuk melakukan antisipasi bilamana terjadi sengketa Pilgub setelah dilaksanakannya rekapitulasi perhitungan suara,” papar Viko Januardhy Komisioner KPU Kaltim Devisi Hukum Kamis (7/6/18), kepada awak media usai Rakor. 

KPU Kaltim sudah siap menghadapi, bilamana terjadi sengketa dalam Pilgub, karena itu, Viko sapaan akrabnya menghimbau kepada seluruh pasangan calon (Paslon) agar mengetahui tahapan dan mekanisme pengajuan sengketa. “itu dipayungi di dalam UU Nomor 10 tahun 2016 serta PKPU Nomor 2 tahun 2018 tentang tahapan jadwal dan program pemilu 2018,” bebernya.  

Sementara pengajuan gugatan sudah dapat disampaikan  3 (tiga) hari setelah secara resmi diumumkannya hasil perhitungan suara oleh KPU Kaltim. ” Jika pengajuan sengketa memenuhi syarat, maka materi gugatan bisa dilanjutkan Mahkamah Konstitusi (MK),  untuk disidangkan sesuai peraturan perundang-undangan,” tutupnya (Fran/dr)

Baca juga : 

Bersama Kaum Hawa, KPPI Siap SUkseskan Pilgub Kaltim 2018

Money Politic dan Isu Sara Pada Pilgub Kaltim, Disorot Mahasiswa

Pilgub Damai Untuk Kaltim Tercinta

KPU Sosialisasikan Pilgub Kaltim Pada Acara Buka Puasa Bersama

Meningkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Kaltim Gelar Berbagai Lomba

Dua Juta Kertas Suara Siap Didistribusikan ke Daerah di Kaltim