Share ke media
Populer

Aramada Angkutan Lebaran 1439 H di Kaltim Dijamin Aman

04 Jun 2018 03:00:18119 Dibaca
No Photo

DigitalNews.id - Armada angkutan lebaran baik jalur laut, darat dan sungai, menjelang Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah di Kaltim terpantau aman.

Tahun ini Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim menyiapkan sedikitnya 2.000 unit armada angkutan darat dan laut / sungai, sama seperti jumlah armada yang dioperasikan pada angkutan lebaran tahun lalu.

“Jumlah armada yang kita siapkan sama seperti tahun lalu, cukup untuk mengakomodir kebutuhan angkutan mudik lebaran tahun ini.”, kata Kepala Dishub Kaltim, Salman Lumoindong, Sabtu, 2 Juni 2018.

Ditambahkannya, “Untuk angkutan antar pulau, PT. Pelni akan mengoperasikan armadanya sebanyak 27 unit kapal laut. Sedangkan untuk armada yang akan beroperasi pada jalur sungai dan laut (Feri), pada tahun ini disiapkan sebanyak 16 unit kapal, dimana unit kapal Feri tersebut nantinya akan mengangkut penumpang dari Balikpapan-Penajam Paser Utara-Balikpapan Pergi-pulang (PP).  Begitu juga persiapan untuk armada yang beroperasi dijalur sungai ulu Mahakam”, ucapnya.

Menurut Salman, tren lonjakkan penumpang pada arus mudik dan arus balik tahun ini diperkirakan hanya sekitar 10 persen.

“Jika tren lonjakan penumpang pada arus mudik dan arus balik tahun ini berkisar 10 persen, maka dengan armada yang kita persiapkan, sudah cukup memadai,” tandasnya.

Kendati demikian, antisipasi lonjakan penumpang pada H-7 dan H + 7, baik dari Bontang-Samarinda, Samarinda-Balikpapan, telah siap, bahkan, tahun ini juga dipersiapkan antisipasi lonjakan penumpang mudik lebaran H-15 dan H + 15.

“Yang jelas, Dinas Perhubungan Provinsi bersama kabupaten/kota siap untuk menghadapi arus mudik lebaran tahun ini,” tutupnya. (dr/digitalnews)