Share ke media
Politik

BBGRM XX Tingkat Kaltim di Muara Badak Jadi Gerakan Bersama untuk Saling Bersinergi

20 Oct 2023 12:00:18110 Dibaca
No Photo
Foto bersama penanaman pohon di lapangan Muara Badak dalam pembukaan BBGRM XX, Kamis (19/10/2023). (istimewa)

Tenggarong – Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XX Tingkat Provinsi Kaltim di Muara Badak, Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi gerakan bersama untuk saling bersinergi. Sebagaimana disampaikan Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik saat membuka BBGRM XX, Kamis (19/10/2023).

Kata dia, pembangunan di desa sudah mengalami perkembangan. Dalam hal ini zaman modernisasi tidak bisa dihindari dan gotong royong adalah sebuah tradisi yang ada di Indonesia di mana setiap orang tak akan bisa hidup sendiri.

“Melalui Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XX Tingkat Provinsi Kaltim menjadi gerakan bersama bagi kita semua untuk saling bersinergi di dalam zaman modern ini. Mau tidak mau kita harus mengikutinya namun jangan lakukan setengah- setengah, contohnya dalam pengemasan produk di desa ini bagus, namun dalam sisi pemasarannya belum mengikuti zaman modernisasi,” urai Akmal.

Menurutnya, saat ini merupakan zamannya kompetisi. Pemenangnya adalah mereka yang menguasai teknologi. Sehingga masyarakat dituntut harus bisa mengenal potensi desanya sendiri. Banyak desa yang tidak mengenal potensinya sendiri sehingga bingung untuk mau mengembangkan apa.

“Hampir semua desa banyak yang tidak punya data potensi daerahnya sendiri. Sehingga pengambil kebijakan di pemerintahan desa tidak memiliki kontrol yang kuat. Untuk itu data itu sangat diperlukan dalam mengambil sebuah kebijakan,” terang Akmal.

Karenanya dia mengajak semua desa dengan total 841 desa mempunyai data yang lengkap. Harus memetakan desanya dan menyimpan di komputer yang bisa dilihat kapan dan di mana saja.

“Untuk itu semua perlunya dukungan semua kepala daerah dalam hal ini,” tegasnya.

Akmal berharap melalui kegiatan BBGRM bisa saling bertemunya semua daerah se-Kaltim. Untuk saling instropeksi diri antar kabupaten/kota, meneladani hal baik dan meninggalkan yang tidak baik. Kemudian melakukan evaluasi, kontrol dan pengawasan untuk kemajuan dikemudian hari. 

Adapun dalam pembukaan BBGRM ini dilakukan pemukulan kentungan bersama Bupati Kukar Edi Damansyah, Forkopimda Provinsi Kaltim, dan Ketua LPM se-Kaltim. Sebelumnya juga dilakukan penanaman pohon bersama di Lapangan Bola Kecamatan Muara Badak. (dn)