Share ke media
Olah Raga

Bina Keolahragaan, Dispora Kukar Gelar Pelatihan Pelatih Sepak Bola Lisensi D Nasional

14 May 2024 05:00:23445 Dibaca
No Photo
Pembukaan pelatihan pelatih sepak bola lisensi D nasional, Senin (13/5/2024). (istimewa)

Tenggarong – Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar pelatihan pelatih sepak bola lisensi D nasional, Senin (13/5/2024). Pelatihan yang diikuti 50 peserta perwakilan Sekolah Sepak Bola (SSB) se-Kukar ini dibuka Asisten III Setdakab Kukar Dafip Haryanto di Ruang Serba Guna Dispora.

Dafip membacakan sambutan Bupati mengatakan, dalam kehidupan masyarakat, secara umum olahraga khususnya sepak bola sangat erat kaitannya dengan pembangunan. Olahraga tidak hanya berperan dalam pembangunan sumber daya manusia tetapi juga mampu membentuk karakter dan kepribadian anak bangsa.

“Semangat juang, pantang menyerah, bekerja sama dan berkompetisi menjadi yang terbaik merupakan unsur-unsur yang dapat diperoleh dengan berkompetisi dalam bidang olahraga,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, prestasi olahraga lahir melalui program perencanaan yang terencana dengan baik. Hal tersebut menurutnya dimulai dari usia dini, yang diwujudkan melalui program pembibitan, dan pembinaan yang terarah, berkesinambungan, serta berkelanjutan.

Kata dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar melalui Dispora diberikan tugas pokok dan fungsi serta tugas tanggung jawab melaksanakan program kegiatan yang terkait dengan pemuda dan olahraga. Serta menjalankan visi misi Bupati Kukar melalui program Kukar Idaman salah satunya adalah pembinaan dan pengembangan olahraga sepak bola di wilayah Kukar.

“Dengan adanya pelatihan pelatih sepakbola tersebut diharapkan SSB di wilayah Kabupaten Kukar tidak kekurangan pelatih berlisensi dan memiliki kemampuan manajerial yang baik, agar dapat mencetak atlet Kukar yang lebih siap dan matang dalam menghadapi event nasional dan internasional serta terwujudnya generasi atlet yang berkelanjutan,” urainya.

Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kukar Zukran menjelaskan, pelatihan ini diikuti sebanyak 50 peserta dari perwakilan 38 SSB dari 15 kecamatan yang ada di Kukar.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan ke depan para calon pelatih sepak bola usia dini tersebut mampu mengimplementasikan materi yang telah didapatkan. Khususnya saat kembali melatih atau melakukan pembinaan usia dini di SSB-nya masing-masing.

“Kegiatan ini sendiri merupakan amanah dari Bapak Bupati (Edi Damansyah-red) terkait dengan pembinaan-pembinaan sepak bola dan keolahragaan yang ada di Kukar,” ungkap Zukran. (dn)