Share ke media
Teknologi

BRIN Apresiasi Pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah oleh Pemkab Kukar

19 Oct 2023 11:00:15155 Dibaca
No Photo
Kunjungan BRIN ke Pemkab Kukar diterima jajaran Brida. (istimewa)

Tenggarong – Pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) diapresiasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Apresiasi ini disampaikan Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN Dr Yopi beserta jajaran dalam kunjungan kerja (kunker) ke Pemkab Kukar, Rabu (18/10/2023).

Kunker BRIN ini diterima Kepala Brida Kukar Maman Setyawan beserta jajaran dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Dr Yopi menyebut, BRIN mengapresiasi Pemkab Kukar atas pembentukan Brida yang sebelumnya merupakan Badan Penelitian Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kukar. Hal tersebut merupakan upaya mendukung kinerja Brida. Dalam rangka memperkuat tujuan dan fungsi Brida guna pengembangan riset dan inovasi daerah dan koordinasi penyusunan rencana induk dan peta jalan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Kunjungan juga dilakukan untuk penguatan fungsi bidang Brida sesuai ketentuan yang ada. Yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 7 Tahun 2023 Tentang Pedoman, Pembentukan dan Nomenklatur Badan Riset dan Inovasi Daerah dan Peraturan BRIN Nomor 5 Tahun 2023 Tentang Tata Kelola Riset dan Inovasi di Daerah, serta Perpres 78 Tahun 2021 mengenai tugas dan fungsi Brida.

Dr Yopi turut mengingatkan supaya Brida sinkron dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional-Daerah (RPJMN/D) tingkat Provinsi-Kabupaten. Kemudian susun dokumen jangka menengah dan jangka panjang. 

“Hal tersebut karena OPD membutuhkan data dukung untuk memperkuat perencanaan kegiatan. Jadi, Brida bergerak mem-backup perencanaan jangka panjang,” terangnya.

Selain itu juga agar membangun ekosistem riset dan inovasi. Dr Yopi menyebut hal ini penting mulai tingkat anak-anak di sekolah dan terus ke level lebih tinggi. Intinya inovasi secara menyeluruh yang disesuaikan dengan keadaan daerah masing-masing.

“BRIN akan dampingi secara spasial pemetaan ekosistem inovasi termasuk menyusun rencana induk Iptek.  Indikator apa yang paling penting dimasukkan untuk kemajuan Iptek daerah,” urainya.

Sementara itu Kepala Brida Kukar Maman menyambut baik kunjungan BRIN tersebut. Pihaknya berupaya menjalankan tugas pokok dan fungsi Brida Kukar sesuai ketentuan yang ada. Termasuk menjalankan apa yang disampaikan oleh Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN tersebut. (dn)