Share ke media
Pendidikan

Bunda PAUD Kukar Ajak Guru dan Orang Tua Ikuti Kelas Parenting dengan Baik

04 Nov 2023 01:00:0986 Dibaca
No Photo
Bunda PAUD Kukar Maslianawati saat memberikan materi dalam kelas parenting atau parenting class kepada orang tua murid di SD 010 Kecamatan Muara Jawa, Jumat (3/11/2023). (istimewa)

Tenggarong – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kutai Kartanegara (Kukar) Maslianawati Edi Damansyah mengajak para guru dan orang tua untuk mengikuti kelas parenting dengan baik. Ajakan ini disampaikannya saat memberikan materi dalam kelas parenting atau parenting class kepada orang tua murid di SD 010 Kecamatan Muara Jawa, Jumat (3/11/2023).

Kata dia, kelas parenting memiliki nilai penting sebagai program kemitraan keluarga dengan sekolah. Guna meningkatkan kualitas mendidik anak serta mewujudkan keselarasan cara mendidik anak di sekolah dengan di rumah.

Kelas parenting, lanjutnya, merupakan wadah bagi orang tua atau wali murid untuk menambah pengetahuan atau keterampilan dalam mendidik anak. Kelas orang tua merupakan salah satu kegiatan yang ada dalam program kemitraan keluarga dengan sekolah untuk mewujudkan keselarasan cara mendidik anak di sekolah dengan di rumah.

“Melalui peningkatan kualitas interaksi dan komunikasi positif antara sekolah dengan orang tua, serta penguatan kemampuan orang tua dalam menumbuhkan karakter dan budaya prestasi anak di rumah, tentu dapat meningkatkan kualitas kecerdasan anak yang terarah dan terstruktur dalam mewujudkan karakteristik dan kemampuan anak,” beber Maslianawati.

Disebutkan, metode yang lebih banyak digunakan dalam kelas parenting adalah metode yang lebih interaktif. Seperti diskusi, studi kasus, simulasi, dan praktik. 

Peran orang tua, papar Maslianawati, sangat berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Karena melalui orang tua anak pertama kali belajar dan mengenal segala sesuatunya. 

“Perilaku dan nilai-nilai yang ditanamkan orang tua kepada anak merupakan landasan bagi perkembangan kepribadian dan tingkah laku anak selanjutnya. Keluarga mempunyai banyak kesempatan melakukan interaksi dengan anak, kualitas interaksi ini akan mempengaruhi karakter anak,” urainya.

Proses interaksi yang diterima, imbuh Maslianawati, akan dijadikan dasar oleh anak untuk berinteraksi di luar rumah. Termasuk di sekolah dan di masyarakat.

“Oleh karena itu, mau tidak mau, suka tidak suka, orang tua harus terus meningkatkan kemampuannya dalam mendidik dan mengasuh anak agar tumbuh berkarakter positif dan berbudaya prestasi, serta menjadi orang tua yang berkelas,” tegasnya.

Dalam hal ini Maslianawati mengajak semua guru dan orang tua murid untuk mengikuti kelas parenting dengan baik. Memahami semua yang diberikan narasumber agar dapat mempraktikkan atau mengaplikasikan dengan baik ilmu yang didapat guna meningkatkan kualitas kemampuan anak. (dn)