Share ke media
Populer

Bupati Edi Beri Penghargaan Sejumlah Perusahaan Perkebunan di Kukar, Ini Alasannya

03 Nov 2023 01:00:0067 Dibaca
No Photo
Bupati Edi Damansyah (berpeci) memberikan penghargaan kepada perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Kukar. (istimewa)

Tenggarong – Executive Meeting Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) dengan Direksi Perusahaan Perkebunan digelar di Hotel Santika belum lama ini. Dalam pertemuan ini, Bupati Edi Damansyah memberikan penghargaan kepada beberapa perusahaan perkebunan yang beroperasi di wilayah Kukar.

Penghargaan itu terkait program pembiayaan beasiswa bagi putra/putri Kukar berprestasi, upaya pengendalian kebakaran kebun dan lahan di sekitar areal perkebunan, komitmen kerja sama pengelolaan hasil samping pabrik pengolahan kelapa sawit. 

Kemudian komitmen memenuhi kewajiban fasilitas pembangunan kebun bagi masyarakat sekitar, serta kemitraan usaha perkebunan berkelanjutan. Dilanjutkan penyerahan Surat Keputusan (SK) Penilaian Usaha Perkebunan PT Real Kaltim Plantations 2022.

Edi menyatakan pemberian penghargaan ini menegaskan komitmen Pemkab Kukar untuk menjaga dan mengawal investasi di daerah. Khususnya di sektor perkebunan kelapa sawit. 

“Dan juga komitmen Pemkab Kukar mewujudkan pemerintahan yang baik di Kabupaten Kukar,” sebutnya.

Dikatakan, salah satu ciri pembangunan yang baik yaitu adanya tiga pilar. Meliputi pemerintahan bersama masyarakat, pemerintahan bersama dunia usaha, dan pemerintahan bersama dengan akademisi.

“Jadi ketiga pilar ini harus bersinergi dan berkolaborasi dengan baik. Karena kami sangat sadar bahwa tidak ada keberhasilan, dan tugas yang diamanatkan kepada kami ini kalau kami kerja sendiri,” terangnya.

Karena itu Pemkab Kukar menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran manajemen perusahaan perkebunan besar swasta kelapa sawit. Yang sudah menunjukkan kinerja dan komitmennya sesuai amanat peraturan perundang-undangan. Pasalnya investasi ini yang selalu menjadi prioritas oleh pemerintah. Pemerintah terus mempromosikan potensi-potensi yang ada di wilayah beberapa daerah.

“Kukar akan terus berupaya menjaga Investasi yang ada walaupun dengan ruang yang terbatas. Tetapi Pemkab Kukar tetap mempromosikan potensi-potensi yang ada di Kukar sehingga investasi kita terus berkembang dan terus meingkat,” tandasnya.

Pemberian penghargaan ini sendiri ini dihadiri 28 perusahaan perkebunan yang aktif dari 50 yang beroperasi di wilayah Kukar. (dn)