Share ke media
Ekonomi

Bupati Edi Damansyah Pastikan Program Kukar Idaman Selalu Hadir di Tengah Masyarakat

08 Oct 2023 09:00:1289 Dibaca
No Photo
Bupati Kukar Edi Damansyah berfoto bersama saat memberikan bantuan kepada para petani dan nelayan di Sebulu. (istimewa)

Tenggarong - Program Kutai Kartanegara Inovasi Berdaya Saing dan Mandiri (Idaman) akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dalam mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga. Hal ini dipastikan Bupati Kukar Edi Damansyah setelah menyerahkan bantuan peralatan, sarana dan prasarana kepada para petani dan nelayan di Kecamatan Sebulu, Sabtu (7/10/2023).

“Jadi ini kami memastikan bahwa Kukar Idaman itu hadir di tengah di masyarakat, memberikan dukungan beberapa sarana prasarana untuk meningkatkan produktivitas dan peningkatan penghasilannya,” tuturnya.

Disebutkan Edi, ada beberapa sarana dan prasarana yang diberikan, baik untuk kelompok tani maupun kelompok nelayan. Untuk kelompok tani berupa peralatan dan sarana prasarana produksi pertanian, seperti hand tractor.

Kemudian, untuk kelompok usaha bersama (KUB) sektor perikanan budi daya keramba diberikan bantuan berupa bibit dan pakan ikan. “Ini merupakan bagian dari program 25.000 nelayan yang produktif,” sebutnya.

Diakui Edi, memang belum semua masyarakat tersentuh atau mendapatkan bantuan. Lantaran bantuan ini bersifat usulan dari masyarakat. “Kami juga memberikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk subsidi bahan bakar minyak (BBM) bagi nelayan,” ujarnya.

Lebih lanjut Edi mengharapkan bantuan yang diberikan bisa meningkatkan produktivitas para petani nelayan. Sehingga bisa memberikan tambahan penghasilan masyarakat.

“Ya harapan kami intinya bantuan ini bisa meningkatkan ekonomi keluarga, kebutuhan sandang pangan tercukupi, dan biaya anak sekolah juga tercukupi,” tegasnya. (dn)