Share ke media
Politik

Bupati Kukar Dorong Penguatan Peran LPM dalam Momen BBGRM XX di Muara Badak

20 Oct 2023 12:00:0075 Dibaca
No Photo
Bupati Kukar Edi Damansyah dalam pembukaan BBGRM XX se-Kaltim, di Lapangan Bola Kecamatan Muara Badak, Kamis (19/10/2023). (istimewa)

Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menodorng adanya penguatan peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Hal ini disampaikannya dalam pembukaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XX se-Kaltim, di Lapangan Bola Kecamatan Muara Badak, Kamis (19/10/2023).

“Kelembagaan LPM tidak hanya secara kelembagaan tetapi yang sangat diharapkan bagaimana peran dan fungsi LPM itu sendiri bisa terus ditingkatkan dan dikuatkan secara bersama-sama di Provinsi Kaltim dan Kabupaten Kukar khususnya,” sebut Edi.

Menurut Edi, LPM harus terus didorong agar penguatan peran dan fungsinya di desa-desa bisa saling bersinergi dengan lembaga lainnya.

“Mari bersama-sama lakukan evaluasi yang berkaitan dengan peran dan fungsi yang dikerjakan di wilayahnya masing-masing. Seperti tagline kita, betulungan etam bisa. Jika dilakukan secara bergotong royong maka semua permasalahan bisa diatasi bersama,” tuturnya.

Dijelaskan, dalam rangka penguatan dan penyelenggaraan pemerintahan desa di Kukar, dilakukan penguatan fiskal. Selain dari dana ADD dan bantuan pangan khusus, juga dilakukan penguatan melalui RT mendapatkan dana 50 juta per RT yang sudah berjalan dengan baik.

“Peran fungsi ketua dan anggota BPD dalam bentuk fasilitasi penguatan SDM. Untuk itu dituntut LPM diKukar bisa saling bersinergi dalam Rumah Besar pengentasan kemiskinan yang terus berjalan,” beber Edi.

Di Kukar sendiri telah ada penurunan kemiskinan. Meski penurunannya tidak signifikan, namun memastikan bahwa yang telah dikerjakan memerlukan konsisten bersama baik di tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan, dan desa termasuk LPM.

“Apresiasi dan terima kasih pada LPM, semoga melalui momentum ini peran fungsi LPM bisa optimal dan bersinergi dengan semua stakeholder yang ada di daerah masing-masing. Sehingga bisa memberikan manfaat pada masyarakat,” tegasnya.

BBGRM XX ini sendiri dibuka Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik, ditandai pemukulan kentungan dan penyerahan simbolis peralatan gotong royong. Hadir dalam kegiatan ini semua ketua LPM se-Kaltim. (dn)