Share ke media
ekonomi

Bupati Kukar Edi Damansyah berharap BUMDES mengembangkan potensi

04 Nov 2021 12:31:26146 Dibaca
No Photo

Muara Badak – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meminta seluruh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah Kukar, khususnya di Kecamatan Muara Badak, jeli melihat berbagai peluang maupun potensi desa untuk menggerakkan perekonomian masyarakat desa. Hal tersebut dikatakannya saat meninjau BUMDes Sapu Lidi, Desa Muara Badak Ulu Kecamatan Muara Badak, belum lama ini.

Edi menginginkan BUMDes yang ada saat ini jangan bergerak sendiri-sendiri dan tidak terpaku sebagai suatu unit usaha simpan pinjam semata. Akan tetapi juga harus mampu menangkap peluang-peluang usaha lainnya.

“Jangan hanya terpaku bahwa BUMDes hanya suatu unit simpan pinjam saja, namun bagaimana BUMDes bisa berkembang dengan mengembangkan potensi besar yang dimiliki dengan ekonomi produktif lainnya, dan menangkap peluang pasar modern maupun ekspor produksi sektor sekunder,” beber Bupati.

Dalam pengelolaan BUMDes khususnya pada kegiatan membangun ekosistem layanan dan usaha berdaya saing dalam menangkap potensi yang dimiliki desa, menurut Edi hendaknya para pengelola harus benar-benar fokus, serius dan komitmen. Selain itu, BUMDes hendaknya juga maju bersama-sama dalam mengembangkan ekonomi desa.

“Untuk itu perlu komitmen, keseriusan dan fokus seluruh BUMDes untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi besar yang dimiliki desa untuk menangkap peluang pasar modern maupun internasional yang sudah terbuka lebar bagi seluruh desa, tentunya juga dalam meningkatkan ekonomi masyarakat maupun desa,” ujarnya.

Pada momen ini, diharapkannya dapat dirumuskan strategi yang optimal untuk meningkatkan perekonomian, pendapatan, dan pengelolaan potensi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat

Ketua BUMDes Bina Mandiri, Desi mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kunjungan dan dukungan terhadap BUMDes Bina Mandiri oleh Pemkab Kukar. “Kedatangan orang nomor satu di Kukar ini dapat memberikan motivasi dan semangat bagi pelaku UMKM di Kabupaten Kukar khusunya di Kecamatan Muara Badak,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kab Kukar H Sunggono, Perwakilan Bank Indonesia di Kaltim Dadang, dan beberapa OPD terkait. (hms/adv)