Share ke media
Wisata

Bupati Kukar Ikut Rayakan HUT Ke-113 Desa Umaq Dian di Tabang

11 Oct 2023 12:00:36127 Dibaca
No Photo
Bupati Kukar Edi Damansyah saat menghadiri perayaan HUT Desa Umaq Dian. (istimewa)

Tenggarong - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah ikut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-113 Desa Umaq Dian Kecamatan Tabang, Selasa (10/10/23) di Lapangan Sepakbola Pekueq Kimet Umaq Dian. Dalam acara ini Edi memakai pakaian adat yang dipasangkan oleh tetua adat.

Bupati juga menandatangani prasasti peringatan HUT ke-113 Desa Umaq Dian Kecamatan Tabang dan menyerahkan trofi lomba kebersihan yang dimenangkan oleh RT 01. 

Dalam sambutannya Bupati Kukar Edi Damansyah mengucapkan selamat atas HUT ke 113 Desa Umaq Dian. Menurutnya peringatan ulang tahun akan selalu menjadi moment istimewa yang sepatutnya disyukuri. 

“Ungkapan syukur tentu saja berangkat dari kesadaran spiritual serta bentuk keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan nikmat, berkah dan anugerah-Nya hingga saat ini,” sebut Edi.

Karena itu dia berharap melalui perayaan dan ungkapan rasa syukur maka limpahan keberkahan, kebaikan dan keselamatan akan makin bertambah bagi seluruh masyarakat Desa Umaq Dian. Khususnya tetap dijaga dalam kedamaian dan dipersatukan dalam ikatan persaudaraan yang semakin kuat.

Edi juga mengatakan, dengan menapaki usia 113 tahun bagi Desa Umaq Dian tentu bukanlah rentang waktu yang singkat. Karena sudah cukup tampak berbagai kemajuan pembangunan yang telah dilaksanakan.

Dia juga berterimakasih kepada pihak perusahaan yang telah berkontribusi menyukseskan acara ini. “Kontribusi perusahaan ini merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat,” sambung Edi.

Lebih lanjut dia meminta Camat, Kades dan seluruh pihak yang berwenang bisa mendorong program ekonomi kerakyatan. Dengan menyelenggarakan event-event besar, salah satunya acara adat seperti ini yang mengundang banyak orang luar Tabang untuk datang sehingga bisa menambah income pendapatan masyarakat.

Selain itu dengan mengusung program Kukar Idaman, Edi juga menyerukan salah satu program Kukar Idaman yaitu kredit Kukar Idaman yang bekerja sama dengan Bank Kaltimtara bisa membantu meringankan masyarakat dengan kredit pinjaman tanpa bunga.

Kecamatan Tabang juga diminta bisa mengelar festival adat yang lingkupnya besar. Supaya perekonomian masyarakat bisa meningkat, juga budaya dan tradisi masyarakat Tabang bisa menjadi daya tarik wisata bagi Kecamatan Tabang maupun Kutai Kartanegara itu sendiri. (dn)