Share ke media
Pendidikan

Bupati Kukar Imbau Guru dan Kepala Sekolah Terus Perhatikan Pengembangan Potensi Anak Didik

05 May 2024 03:00:55438 Dibaca
No Photo
Bupati Kukar menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba pembuatan google site pada peringatan Hardiknas Kamis (4/5/2024). (istimewa)

Tenggarong - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengimbau para guru dan kepala sekolah terus memperhatikan pengembangan potensi anal didik di sekolah masing-masing. Imbauan itu disampaikannya seusai menyerahkan Hadiah kepada para pemenang lomba gerak jalan, menggambar bagi anak-anak, dan pembuatan google sheet pada peringatan Hardiknas (Hari pendidikan Nasional) Kamis (4/5/2024).

“Untuk kepala sekolah beserta guru kiranya bisa lebih berinovasi dan mengoptimalkan kemampuan yang ada, jangan hanya memfokuskan pada ilmu pengetahuan saja,” kata Edi.

“Tetapi juga pada pembinaan dan pendidikan budi pekerti dan akhlak mulia. Sebab dari keseimbangan inilah, atas izin Allah SWT Tuhan yang Maha Esa dapat membawa generasi di kabupaten Kukar menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa,” sambungnya.

Edi mengatakan saat ini sudah disaksikan lagi para siswa-siswi yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas. Pun sudah dirayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi. 

“Oleh karena itu bagaimana caranya untuk mewujudkan siswa-siswi yang berkarakter mandiri dengan sistem pengajaran dari hal yang biasa atau rutinitas yang mereka lakukan setiap hari,” kata dia.

“Akan tetapi, bagaimana seorang guru mengimprovisasi atau menginovasi, baik itu dari digital maupun cara pendekatan kepada siswa-siswi saat melakukan pembelajaran,” imbuh Edi.

Menurutnya melalui kegiatan lomba ini menjadi salah satu upaya untuk menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas. Untuk mewujudkan SDM yang berkualitas dan unggul salah satu kriteria untuk memenuhi harapan tersebut adalah memiliki kesehatan yang prima, selain harus cerdas dan berakhlak mulia.

“Atas nama pemerintah daerah saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak terkait penyelenggaraan lomba dalam memperingati Hardiknas tahun 2024,” tegas Edi. (dn)