Share ke media
Teknologi

Bupati Kukar Resmikan Instalasi Pamsimas

11 Nov 2021 04:48:4213 Dibaca
No Photo
Usai peresmian, Bupati Edi Damansyah dan rombongan meninjau pembangunan instalasi Pamsimas milik Dusun Karya Makmur Desa Batuah. Foto: Prokom

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, meresmikan instalasi Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), di Dusun Karya Makmur Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Selasa (9/11/2021) siang.


Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Edi Damansyah bersama Direktur Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) Ramli, dan PT Baramulti Suksessarana Tbk (BSSR) Dedy Susanto Saleh, yang disaksikan oleh anggota DPRD Kukar Johansyah, Camat Loa Janan Muhaji, Kades Batuah Abd. Rasyid, Ketua BPD Batuah, dan Direktur Bumdes Batuah Prima Mandiri (BPM) Ardiansyah.


Dalam sambutannya, Edi mengatakan instalasi Pamsimas ini merupakan program kolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat, baik pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten dengan masyarakat, akademisi, dan dunia usaha.


“Jadi instalasi Pamsimas ini diletakkan atau ditempatkan disuatu wilayah yang tidak tersentuh pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM),” ujar Edi.



Edi berharap keberadaan instalasi Pamsimas ini menjadi solusi masyarakat Desa Batuah akan kebutuhan dasar ketersediaan sarana air bersih. “Dari laporan Kepala Desa (Kades) Batuah Abd. Rasyid, bahwa Pamsimas ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa Batuah Prima Mandiri (Bumdes-BPM), saya harap dalam pengelolaannya dilakukan dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Edi.


Usai peresmian, bupati dan rombongan meninjau pembangunan instalasi Pamsimas milik Dusun Karya Makmur Desa Batuah tersebut. Untuk diketahui, pembangunan instalasi Pamsimas di Dusun Karya Makmur Desa Batuh ini, terwujud atas kerjasama dengan Polnes (peneliti) dan PT. BSSR Tbk (pihak ketiga). (pro5/adv)