Share ke media
Keagamaan

Bupati Kukar Safari Subuh di Masjid Al Ikhlas Loa Ipuh, Serahkan Bantuan Hibah dan Akta Yayasan

08 Oct 2023 09:00:2382 Dibaca
No Photo
Bupati Kukar Edi Damansyah (kanan) menyerahkan bantuan hibah dan akta yayasan dalam Safari Subuh di Masjid Al Ikhlas Loa Ipuh. (istimewa)

Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah beserta jajaran melakukan Safari Subuh ke-225 di Masjid Al Ikhlas, Jalan DI Pandjaitan, Loa Ipuh, Ahad (8/10/2023). Dalam Safari Subuh itu Edi menyerahkan bantuan hibah Rp150 juta untuk Masjid Al Ikhlas Loa Ipuh, sekaligus menyerahkan akta Yayasan Baiturrahim dan Al Musafirin.

Hibah diterima Ketua Takmir Masjid Awang Sakti (hibah), sementara akta yayasan diterima Ketua Masjid Al Musafirin Mukhlis, dan Sekretaris Masjid Baiturrahim Muhammad Taufik (akte). Sekretaris Daerah (Sekda) Sunggono dan Kabag Kesra Dendi Irwan Fahriza serta para jemaah salat Subuh menyaksikan penyerahan tersebut.

Dalam safari tersebut Bupati Edi meminta pengurus masjid untuk memiliki data warga yang tinggal di lingkungan masjid. Baik itu di depan, kiri, kanan dan belakang sebanyak 40 orang yang masuk dalam keluarga prasejahtera dan pemerintah wajib untuk diberikan bantuan.

“Saya harap, data-data itu benar-benar data yang memang sangat valid dan sudah dicek kepada ketua RT dan kelurahan. Dan datanya sama, bahwa 40 orang tersebut benar-benar keluar prasejahtera,” tutur Edi.

Dia juga meminta warga Tenggarong dan sekitarnya untuk selalu waspada terhadap bahaya kebakaran yang kapan saja bisa terjadi akibat kompor gas, hubungan arus pendek serta faktor alam yang saat ini musim kemarau.

“Untuk itu, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kukar sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, agar kembali memeriksa rumah apakah kompor dan hubungan arus pendek sudah aman/tidak,” imbuh Edi.

Atas bantuan ini, Ketua Takmir Masjid Awang Sakti menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati. Kata dia, sebelum melakukan safari Subuh ini, Bupati Edi sudah lima kali melaksanakan salat subuh berjemaah di masjid ini yang hanya ditemani seorang ajudan.

“Alhamdulillah, setelah salat Subuh beliau memberikan bantuan baik berupa dana maupun material (barang) untuk masjid kami,” kata Awang.

Safari Subuh itu sendiri diawali salat subuh berjemaah diimami Muhammad Sarli yang merupakan tahfiz angkatan ke-3 program 1 Desa 1 Tahfidz Pemkab Kukar. Kemudian ditutup dengan tausiyah oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kukar Kyai Abdul Hanan. (dn)