Share ke media
Populer

Bupati Kukar Sambut Baik Rencana OIKN Gelar Nusantara AGRIFest 2023 di Samboja Barat

27 Oct 2023 01:00:5961 Dibaca
No Photo
Bupati Kukar Edi Damansyah (kiri) menyambut baik rencana Nusantara AGRIFest 2023 yang disampaikan Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Myrna Safitri, Rabu (25/10/2023). (istimewa)

Tenggarong – Kecamatan Samboja Barat, Kutai Kartanegara (Kukar) bakal menjadi lokasi Nusantara AGRIFest 2023. Festival ini digelar Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) November 2023 mendatang. 

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Myrna Safitri dalam audiensi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar pada Rabu (25/10/2023) mengatakan, kegiatan ini merupakan forum belajar dan promosi pertanian berkelanjutan. Berisikan rangkaian kegiatan temu petani, forum bisnis, pameran, pasar seni dan pasar murah pangan serta berbagai bentuk kesenian.

“Nusantara AGRIFest 2023 merupakan kegiatan tahunan pertama yang diselenggarakan Otorita IKN, tepatnya di Desa Margo Mulyo, Kecamatan Samboja Barat, IKN bersama para mitra,” ungkap Myrna.

Lebih lanjut dikatakan, tujuan Nusantara AGRIFest ini adalah mendiskusikan bagaimana pertanian yang ada di IKN dan di Kukar bisa terkoneksi dan membangun ekosistem untuk mengembangkan pertanian. Karena di IKN itu arahannya adalah pembangunan pertanian yang sejalan dengan pengendalian hutan.

Atas rencana ini Bupati Kukar Edi Damansyah mengapresiasi dan menyambut baik. Pasalnya Kukar dilibatkan dengan berkolaborasi bersama para petani di Samboja.

“Tepat sekali kegiatan Nusantara AGRIFest digelar di Kecamatan Samboja Barat. Karena ada beberapa keunggulan di antaranya kelompok pemuda yang tergabung di petani milenial dan KTNA yang terdiri dari petani dan nelayan,” tuturnya. (dn)