Share ke media
Ekonomi

Bupati Kukar Tegaskan Bantuan Kelompok Nelayan Masuk Program Prioritas

08 Oct 2023 12:00:4293 Dibaca
No Photo

Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menegaskan bantuan untuk kelompok nelayan adalah program prioritas. Karena merupakan bagian dari program ketahanan pangan yang dicita-citakan, dengan Kukar menjadi lumbung pangan Kaltim.

Hal ini disampaikannya saat menyerahkan bantuan dalam program bantuan untuk 25 ribu nelayan di Kelurahan Mangkurawang dan Loa Tebu Tenggarong, di Gunung Benteng Mangkurawang Tenggarong, Sabtu (7/10/2023).

Bantuan yang diserahkan berupa mesin ketinting sebanyak 30 unit serta penyerahan sarana perikanan kepada kelompok nelayan berupa pakan ikan dan benih ikan. Di antaranya Kelompok Usaha Bersama (KUB) Loa Tebu jaya mendapatkan 10 unit perahu dan mesin. Kemudian KUB LTB Jaya Bersinar mendapat 7 unit perahu, 10 unit mesin dan 150 pis Rengge Patin. Lalu KUB bersatu Jaya 10 unit mesin ketinting, KUB Sukses Jaya 10 unit mesin ketinting dan 130 buah alat tangkap Bubu labuh, KUB Mahakam 10 unit mesin ketinting.

Berikutnya di Kelurahan Mangkurawang meliputi KUB Nelayan Gunung Benteng mendapatkan 10 unit perahu dan mesin beserta alat tangkap 330 Rol Kawat Tempirai, KUB Mahakam Jaya Bersinar 10 unit mesin ketinting dan 2000 biji alat tangkap pantau, KUB Berkat Jaya 10 unit mesin ketinting dan 65 set alat tangkap Rawai Bentang dan KUB Perjiwa Jaya 10 unit mesin ketinting.

Kata Edi, program Kukar Idaman akan terus berjalan. Pemberian bantuan kepada kelompok nelayan merupakan program prioritas karena bagian dari program ketahanan pangan yang dicita-citakan bahwa Kukar menjadi lumbung pangan Provinsi Kaltim.

“Untuk itu Camat dan Lurah yang tugasnya melayani masyarakat harus sering mengunjungi dan mengecek keberadaan para kelompok tani di wilayahnya. Seperti Pemkab Kukar bersama instansi terkait selalu ke lapangan untuk melihat kondisi di lapanganl. Untuk memastikan bantuan yang diberikan ini betul-betul dimanfaatkan dengan baik,” tuturnya.

Edi menyebut bantuan belum semuanya bisa diberikan, melainkan diprioritaskan pada kelompok-kelompok yang sudah dinilai memerlukan bantuan. Kepada para kelompok nelayan, dia berpesan hendaknya bisa menjaga dan memanfaatkan bantuan seperti badan ketinting dan mesin ketinting juga dengan sarana dan prasarananya.

“Disadari bahwa aktivitas profesi sebagai nelayan adalah menjadi punggung ekonomi keluarga. Untuk itu Pemkab Kukar akan terus berupaya maksimal bagaimana memfasilitasi bantuan agar terus bergulir ke masyarakat nelayan,” ungkapnya. (dn)