Share ke media
Populer

Bupati Malinau Sukses Pimpin Upacara IPDN, Presiden Jokowi Berikan Tanda Kepangkatan

27 Jul 2018 01:00:22941 Dibaca
No Photo
Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si, sebagai komandan upacara pada pelantikan Pamong Praja Muda (PPM) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXV, Jumat 27 Juli 2018 di lapangan Parade Abdi Praja IPDN, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

DigitalNews.id - Jatinangor - Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si sukses menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai komandan upacara. Giat tersebut adalah upacara pelantikan Pamong Praja Muda (PPM) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXV, Jumat 27 Juli 2018 di lapangan Parade Abdi Praja IPDN, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. 

Sebelum upacara pelantikan dimulai, tamu undangan disuguhkan tarian nusantara oleh para Nindya Praja dengan menggunakan pakaian adat seluruh Indonesia. Tarian tersebut adalah gabungan tarian dari berbagai daerah di Indonesia yang menggambarkan Kebhinekaan seperti halnya juga Praja IPDN dari berbagai daerah dengan bermacam suku dan agama. 

Baca Juga : Bupati Malinau Didaulaut jadi Komandan Upacara di Pelantikan Pamong Praja Muda IPDN

Pukul 08.18 WIB, komandan upacara dipersilakan oleh pembawa acara untuk memasuki lapangan upacara. Sebagai komandan upacara, Bupati Malinau Yansen TP, dengan langkah tegap menuju lapangan upacara dan langsung mengambil alih pimpinan upacara. 

Tepat pada pukul 08.35, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dan Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo tiba di mimbar kehormatan. Setelah Presiden dan rombongan menempati tempat duduk, lanjut dengan salam kebangsaan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan Mars Revolusi Mental. 

Sebelum acara dilanjutkan lebih jauh, Gubernur IPDN, Prof. Dr. H. Ermaya Suradinata, SH, MH, MS menyampaikan laporan kepada Presiden, di hadapan Presiden, bahwa 1456 calon PPM IPDN angkatan XXV siap untuk dilantik oleh Presiden menjadi PPM. 

Usai laporan dari Gubernur IPDN, perwira upacara laporan kepada Presiden bahwa upacara siap dilaksanakan dan Presiden pun langsung memasuki lapangan upacara dan dilanjutkan lagi komandan upacara melaporkan ke Presiden bahwa upacara siap dilaksanakan. 

Lapor, upacara pelantikan Pamong Praja Muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri angkatan XXV, Jumat 18 Juli 2018 siap dilaksanakan,”lapor Yansen. Lanjut Presiden RI. “Laksanakan,” jawab Jokowi. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan pelantikan PPM oleh Presiden dengan pengalungan Kartika Astha Brata kepada lulusan terbaik Diploma IV dan Kartika Pradnya Utama kepada lulusan terbaik program sarjana. Lalu dilanjutkan dengan penyematan pin purna, pemasangan tanda kepangkatan. dirangkaikan dengan pengucapan ikrar Pamong oleh 1456 PPM, setelah itu penyampaian amanat oleh Presiden Joko Widodo sebagai inspketur upacara. 

Setelah Presiden selesai menyampaikan amanatnya, komandan upacara melangkah tegap maju ke depan Presiden sembari menyampaikan laporan bahwa upacara telah dilaksanakan. 

lapor, upacara telah dilaksanakan, laporan selesai,” kata Yansen yang merupakan Bupati Malinau periode 2011-2016 dan 2016-2021 ini. “Terima kasih, bubarkan,” ucap Presiden mengakhiri proses upacara pelantikan.(*Red/AW/dr)