Share ke media
Wisata

Catat Tanggalnya! Pemkab Kukar Bakal Gelar Festival Pesisir 2023 di Pantai Panrita Lopi

07 Oct 2023 03:00:44103 Dibaca
No Photo
Flyer Event Festival Pesisir 2023. (Istimewa)

Tenggarong – Tirtonegoro Art Festival berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar bakal menggelar event bertaraf nasional. Bertajuk Festival Pesisir 2023, acara ini akan digelar di Pantai Panrita Lopi, Kecamatan Muara Badak, 13 sampai 15 Oktober mendatang.

Rahmat Azazi selaku penyelenggara mengatakan, terdapat banyak kegiatan di Festival Pesisir 2023. Meliputi Lomba Tari Pesisir, Pertunjukan Seni dan Budaya, Lomba Baca Puisi, Lomba Domino, Lukis Kanvas dan Jalan Santai. Ada pula permainan tradisional, pemutaran film, gelar UMKM, pesisir coffee, Talkshow Pemuda Pesisir, parade musik, penyematan duta pesisir, seni outbond pesisir, demo masak, lomba lari, voli pantai, pemuda inovatif dan sepak bola pantai.

Hal-hal yang berkaitan dengan pesisir akan banyak didapatkan pada event ini. Nantinya, juga ada pemaparan dari Komunitas Anak Nelayan, mengenai cara membuat “Rakang” alat tradisional menangkap kepiting, tutorial mencabut duri Ikan Bandeng, mengenali ciri-ciri ikan segar dan cara menangkap ikan “Ijar Pesisir”.

“Ya, Festival Pesisir ini kegiatan untuk memberikan edukasi tentang pariwisata, serta edukasi seni dan budaya di Kaltim,” ungkap Rahmat.

Selain melibatkan berbagai pihak dari kecamatan-kecamatan di Kukar, pihaknya juga akan melibatkan berbagai unsur lainnya dari kabupaten dan kota se-Kaltim. “Tentunya melibatkan warga sekitar,” sambungnya.

Pihaknya sengaja berkolaborasi dengan Pemkab Kukar yang dikenal getol mendukung event-event garapan pemuda. Di tahun-tahun sebelumnya, event ini kerap berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Selain dengan Pemkab Kukar, kami juga bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti pengelola Pantai Panrita Lopi yang telah menyediakan tempat,” jelasnya.

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin direncanakan membuka secara resmi Festival Pesisir 2023 ini. Dia menyambut baik event garapan Tirtonegoro Art Festival yang melibatkan pelaku usaha kreatif dan UMKM. “Ini komitmen pemerintah untuk mendukung aktivitas positif yang digelar pemuda-pemuda Kukar,” ujarnya.

Rendi pun mengajak masyarakat Kukar dan sekitarnya untuk ikut serta meramaikan Festival Pesisir 2023. “Kapan lagi ada acara seperti ini, bisa menikmati parade musik, pertunjukkan kesenian, sekaligus liburan di pantai. Makanya, ayo kita ramaikan event ini,” tegasnya. (dn)