Share ke media
Populer

Cegah Meluasnya Covid 19, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sidodadi Sosialisasi ke Warga

26 Mar 2020 11:57:36872 Dibaca
No Photo
Aiptu I Wayan Seden, Bhabinkamtibmas kelurahan Sidodadi berkeliling sosialisasi pencegahan corona virus

SAMARINDA| Pencegahan meluasnya penularan Corona Virus (Covid 19) dilakukan hingga ditingkat kelurahan, tidak hanya Pemerintah kota Samarinda,  Bhabinkamtibmas Jajaran Polres kota Samarinda ambil bagian sosialisasi kemasyarakat.

Adalah Aiptu I Wayan Seden, Bhabinkamtibmas kelurahan Sidodadi berkeliling ke warga menggunakan motor. Bermodalkan sebuah pengeras suara di badanya,  ia menghimbau agar masyarakat mematuhi himbauan Sosial Distanching.

“Kita harapkan masyarakat agar mematuhi Pemerintah yaitu menghindari kerumunan dan acara acara yang berpotensi mendatangkan banyak orang,”katanya di konfirmasi disela ia sosialisasi pada, Kamis (26/03/20).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dirinya terus berkoordinasi pada RT, sebagai lokasi yanh dituju untuk melakukan sosialisi.

“Hari ini saya di RT 56, kemudian nanti ke RT 29. Lalu adalagi yang sudah konfirmasi RT 42 dan RT 13 yang sudah konfirmasi untuk saya Sosialisasi,”urainya.

Dalam giatnya, ia juga sekaligus menyampaikan maklumat Kapolri dalam upaya pencegahan penularan wabah ini. 

Sosialisi ini kata dia akan terus dikakukan hingga selesainya kondisi darurat covid 19 di Kaltim khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Berikut 6 poin Maklumat Kapolri yang dikeluarkan Kapolri nomor Mak/2/lll/2020, yang dikeluarkan pada Kamis (19/3/2020): 

Bahwa untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, Polri senantiasa mengacu asas keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi (Salus Populi Suprema Lex Esto) dengan ini Kapolri mengeluarkan maklumat :

  1. Tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik ditempat umum maupun di lingkungan sendiri, yaitu: Pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, dan kegiatan lainnya yang sejenisb. Kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran dan resepsi keluarga. Kegiatan olah raga, kesenian dan jasa hiburand. Unjuk rasa, pawai dan karnaval, Kegiatan lainnya yang sifatnya berkumpulnya massa.
  2. etap tenang dan tidak panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dengan selalu mengikuti informasi dan himbauan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah.
  3. Apabila dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari, kegiatan yang melibatkan banyak orang dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19.
  4. Tidak melakukan pembelian dan/atau menimbun kebutuhan bahan pokok maupun kebutuhan masyarakat lainnya secara berlebihan.
  5. Tidak terpengaruh dan menyebarkan berita-berita dengan sumber tidak jelas yang dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.
  6. Apabila ada informasi yang tidak jelas sumbernya dapat menghubungi kepolisian setempat