Share ke media
Populer

Cegah Penyebaran Covid-19, HMI Komisariat Teknik Unmul Lakukan Penyemprotan Disenfektan di Fasilitas Umum

27 Mar 2020 12:51:081020 Dibaca
No Photo
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Teknik Universitas Mulawarman Cabang Samarinda melakukan aksi cepat tanggap terhadap penyebaran wabah penyakit Covid-19 disamarinda dengan melakukan penyemprotan disenfektan di wilayah Kota Samarinda

SAMARINDA| Corona virus atau Covid-19 saat ini sedang menjangkit di hampir sebagian wilayah Indonesia, pasien terkonfirmasi positif terus mengalami peningkatan tiap harinya, begitu pula Orang Dalam Pantauan (ODP) maupun Pasien dalam pengawasan (PDP).

Pada sejumlah daerah memutuskan kejadian luar biasa (KLB) setelah ada terkonfirmasi positif didaerahnya masing-masing. 

Upaya mengatasi wabah ini terus dilakukan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, kebijakan Social Distanching (jaga jarak) hingga memberlakukan kerja dari rumah atau mengalihkan banyak pekerjaan secara online.

Upaya membatasi memotong penyebaran virus ini, kini mulai direspon berbagai pihak. Salah satunya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Teknik Universitas Mulawarman Cabang Samarinda.

Mereka melakukan aksi cepat tanggap terhadap penyebaran wabah penyakit Covid-19 disamarinda dengan melakukan penyemprotan disenfektan di wilayah Kota Samarinda. Terkhusus diwilayah Kecamatan Samarinda Utara. Dalam giatnya mereka juga  didampingi oleh Ketua Rt 002 kelurahan Sempaja Selatan.

“Untuk tahap awal, penyemprotan dilakukan di seluruh Fasilitas umum, tempt-tempat ibadah dan lingkungan masyarakat sekitar kelurahan sempaja selatan, terkhusus di Rt 002. Sekaligus memberikan pencerdasan terkait pencegahan penyebaran covid-19,” kata Akhmad Rifai Selaku ketua Komisariat, pada Kamis (26/93/20).


Akhmad Rifai juga menjelaskan, penyemprotan desinfektan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan meluasnya penularan virus corona serta memberikan perlindungan kepada seluruh Masyarakat sekitar kota samarinda.

“Sehinga masyarakat tenang dalam menjalankan aktivitasnya ataupun tenang berada dirumahnya,”urainya.

Disebutnya bahwa kegiatan ini juga beranjak dari kesadaran mereka selaku kader HMI dalam mengimplementasikan tujuan HMI selaku kader umat dan kader bangsa.  

Selaku kader HMI (Mahasiswa) kata dia, akan selalu siap dalam menjalankan fungsi dan peran kita terkhusus moral force. 

“kegiatan ini merupakan langkah awal yang kami lakukan selanjutnya kami akan terus melakukan aksi aksi yang bersifat pencerdasan sehingga masyarakat kota samarinda lebih antisipatif dan partisipatif dalam menghadapi wabah ini,” terang Akhmad Rifai.  

Sementara itu, ketua RT 002 mengapresiasi langkah yang dilakukan HMI Komisariat Teknik UNMUL untuk membantu pemerintah dalam percepatan penanganan wabah Covid-19. 

“Ini patut kita apresiasi langkah yang dilakukan HMI Komisariat Teknik UNMUL, dalam membantu pemerintah menangani penyebaran Virus Corona, karena upaya pencegahan ini tidak cukup hanya dilakukan pemerintah melainkan seluruh elemen masyarakat,bahkan mahasiswa untuk  sama-sama mengambil peran positif,” papar Ketua RT 02

Olehnya itu, HMI Komisariat Teknik Unmul menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, dan menghindari tempat-tempat yang kemungkinan menjadi tempat penyebaran virus tersebut ataupun virus yang lainnya dengan melakukan pencegahan dini seperti menggunakan masker jika dirasakan perlu dan selalu mencuci tangan setelah mengunjungi tempat-tempat keramaian seperti bandara, terminal bus, pasar, mall, supermarket dan lain sebagainya.

(Jr)

Terkini