Share ke media
Populer

Celengan AnNuR

13 Mar 2018 08:18:1158 Dibaca

Oleh: M. Husni Fahruddin Al Ayub, A.Md, S.Hut, SH, MH CLA - Ketua Tim Pemenangan AnNuR

Celengan adalah akronim dari Cost ElectioN Group An-nur. Kami menyebutnya demikian untuk membuka kesempatan kepada masyarakat Kalimantan Timur—khususnya masyarakat dan anak muda—untuk memberikan donasi, baik berupa materi maupun nonmateri.

Mengapa harus materi dan nonmateri? Karena Celengan ini dibuat untuk menjadi multifungsi; Pertama, tempat menghimpun donasi—berupa materi—dan kedua, menjadi wadah menghimpun pemikiran masyarakat Kalimantan Timur. Bentuknya bisa beragam. Mulai dari saran, kritik, gagasan, ide, ataupun pengaduan. 

Lalu, mengapa pula dalam bentuk Celengan? Bagi saya, Celengan bersifat tertutup dan rahasia. Banyak masyarakat yang tidak bisa memberikan bantuan dalam skala besar sehingga malu untuk didata. 

Dari sisi lain, banyak hal positif yang bisa diambil dari sumbangan seribu rupiah tersebut, yakni adanya harapan masyarakat agar dapat berpartisipasi aktif dalam memenangkan pasangan calon pilihan mereka.

Dengan melakukan donasi, mereka berharap pasangan calon pilihan mereka tidak lagi mendapatkan bantuan dari seseorang atau sekelompok orang—yang kelak dikemudian hari nanti akan meminta balas jasa dan menyebabkan sang kepala daerah tersandera serta akan melakukan upaya-upaya tidak terhormat dalam menjalankan roda pemerintahan.

Lantas, apa fungsinya Celengan berupa sumbangsih pemikiran? Ini dibuat agar masyarakat Kalimantan Timur bebas memberikan masukan—baik bagi An-Nur ataupun Tim Pemenangan. Jangan segan dan jangan ada perasaan tidak nyaman jika pemikiran tersebut nanti lebih banyak bermuara pada kritikan yang keras. Jangan pula terkejut bila donasi pemikiran itu berwujud laporan masyarakat terhadap permainan dan intrik Tim Pemenangan pasangan calon lain—ini biasa terjadi dalam dunia politik.

Celengan ini sendiri kami siapkan di posko Tim Pemenangan An-Nur di Jalan Pahlawan, di posko Relawan Gerakan Kaltim Kuat (GRKK) Kosgoro di Jalan Pemuda atau Jalan Ahmad Yani.

Bila nanti An-Nur memenangkan kontestasi di Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur, maka celengan ini akan kami teruskan dengan fungsi yang lebih spesifik lagi. (*)