Share ke media
Keagamaan

Cetak Qari dan Qariah, Setiap Kecamatan di Kukar Diimbau Dirikan Rumah Qur’an

03 Nov 2023 10:00:3779 Dibaca
No Photo
Ilustrasi.

Tenggarong – Setiap kecamatan di Kutai Kartanegara (Kukar) diimbau mendirikan Rumah Qur’an. Dalam rangka pencarian bakat qari dan qariah untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

Imbauan ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono membacakan sambutan Bupati Edi Damansyah dalam ekspose pelaksanaan MTQ ke-44 Tingkat Kabupaten 2023 yang akan berlangsung di Kecamatan Kota Bangun Darat, Kamis (2/11/2023).

Dirinya berpesan kepada semua camat khususnya sekretaris kecamatan supaya bisa mengelola Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) di setiap kecamatan dalam mencetak qari/qariah serta hafiz/hafizah. Sehingga tidak ada lagi kecamatan yang menggunakan qari/qariah dan hafidz/hafizah dari kecamatan lain dalam MTQ. 

“Segera dirikan dan bentuk Rumah Qur’an. Di situlah wadah untuk pencarian bakat bagi putra dan putri kita menjadi qari/qariah dan hafiz/hafizah, dan mempersiapkan secara dini sebagai peserta MTQ,” sebut Sunggono. 

Dia meminta MTQ tingkat kecamatan digelar setiap tahunnya. Karena hanya dengan melaksanakan MTQ tingkat kecamatan, setiap tahunnya diperoleh calon peserta MTQ untuk mengikuti MTQ tingkat kabupaten. 

“Ke depan saya mohon tidak ada lagi Kecamatan yang tidak menyelenggarakan MTQ,” tegas Sunggono.

Dalam hal ini dirinya yakin dan percaya semua mampu melaksanakannya. Hal ini dirasakan memang sulit tetapi pasti bisa, selagi ada kemauan yang kuat untuk memberikan yang terbaik bagi LPTQ. 

“Ajak semua pemangku kepentingan di wilayah Saudara. Mulai dari Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa yang didukung kekuatan swasta dan masyarakat, dengan semangat Betulungan Etam Bisa, saya yakin pekerjaan ini akan menjadi lebih mudah,” ujar Sunggono. (dn)