Share ke media
Ekonomi

Dekranasda Kukar Bakal Terus Tingkatkan Kualitas Produk-Produk UMKM

17 May 2024 06:00:59431 Dibaca
No Photo
Stan Dekranasda Kukar dalam Pameran HUT ke-44 Nasional di Gedung Mangkunegaran Kota Balapan Solo (Surakarta), Jawa Tengah, 15 Mei hingga 18 Mei 2024. (istimewa)

Tenggarong - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kutai Kartanegara (Kukar) bakal terus meningkatkan kualitas produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) daerah. Sebagaimana disampaikan Ketua Dekranasda Kukar Maslianawati dalam Pameran HUT ke-44 Nasional di Gedung Mangkunegaran Kota Balapan Solo (Surakarta), Jawa Tengah, 15 Mei hingga 18 Mei 2024.

Caranya yaitu melalui pendekatan dengan memberikan pelatihan dan bimbingan serta modal kepada pelaku UMKM. Selain itu juga ada program permodalan dari Bank Kaltimtara yaitu Kredit Kukar idaman yang terjangkau bagi pengiat UMKM.

“Agar kualitas terus meningkat, kami bersama Disperindagkop terus melakukan bimbingan kepada pelaku UMKM,” ungkap Maslianawati.

Berkenaan strategi pemasarannya, di samping menggandeng Disperindagkop, Dekranasda juga bakal terus bekerja sama instansi terkait lainnya. Supaya lebih mudah mengangkat produk UMKM Kukar dan lebih dikenal baik di kancah nasional hingga internasional.

Sementara itu Plt Kepala Disperindag Kukar Sayid Fathullah mengatakan, Dekranasda Kukar mengikuti pameran UMKM dengan menampilkan kerajinan ulap doyo, sulam tumpar, manik-manik, tas, baju batik khas kukar dan berbagai kerajinan lainya.

Menurutnya Stand Dekranasda Kukar sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung Pameran dan Produk -Produk kerajinan Kukar laris terjual. “Pada hari pertama Nilai transaksi tembus sekitar 15 juta pada stand Dekranasda khusus Kukar,” bebernya.

Sayid menyimpulkan dengan angka pendapatan tersebut bisa dilihat bahwa produk-produk Kukar bisa bersaing dengan produk lainnya dan kualitasnya tak kalah saing. Diharapkan Kukar bisa terus mengembangkan produk UMKM dengan terus belajar dan berinovasi. 

“Sehingga bisa berkembang hingga ke kancah Nasional dan internasional,” tandasnya. (dn)