Share ke media
Ekonomi

Dekranasda Kukar Perkenalkan Ragam Kerajinan dan Produk Khas Daerah kepada Delegasi OBOR

10 May 2024 03:00:27402 Dibaca
No Photo
Delegasi Asosiasi Perdagangan dan Bisnis Brunei-China OBOR mengunjungi outlet Dekranasda Kukar di Jalan Gunung Pedidik. (istimewa)

Tenggarong - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kutai Kartanegara (Kukar) memperkenalkan beragam macam kerajinan dan produk khas daerah kepada Delegasi Asosiasi Perdagangan dan Bisnis Brunei-China One Belt One Roads (OBOR) Association Trade & Business Delegation to Kalimantan.

Diketahui, selepas diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono pada Kamis (9/5/2024) di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, delegasi OBOR mengunjungi outlet Dekranasda Kukar di Jalan Gunung Pedidik Kelurahan Sukarame, Tenggarong.

Plt Kepala Disperindag Sayid Fathullah mengatakan, stan Dekranasda Kukar diisi para pengrajin yang menjual berbagai macam kerajinan dan produk khas Kukar. Baik itu cendera mata, makanan, dan minuman.

Disampaikan, Delegasi OBOR yang berjumlah 11 orang dengan ketua rombongan Mr Jackson Ting Jack Hing, the President of Brunei dan Wakil Duta Besar Indonesia Brunei Irwan Iding serta Said Irwan, the Chairman of Brunei Darussalam- Indonesia-Malaysia-Philippine, East ASEAN Growth Area Business Council/BEBC and the BIMP EAGA Business Council, sangat terkesan mengunjungi stan Dekranasda. Mereka membeli banyak oleh-oleh untuk dibawa pulang ke negaranya.

“Ini merupakan salah satu peluang besar untuk memperkenalkan produk dari Kutai Kartanegara dan dengan begitu maka akan tercipta peluang bisnis untuk pasar expor dan go Internasional,” sebut Sayid.

Karenanya dia meminta semua OPD dan juga masyarakat bisa berbelanja di stan Dekranasda tersebut.

“Saya harap OPD maupun masyarakat bisa memperkenalkan stan Dekranasda Kukar kepada para tamu yang datang ke Kukar agar produk-produk UMKM Kukar bisa terkenal baik nasional maupun internasional,” tutur Sayid.

Pun begitu, pihaknya juga meminta kepada pengrajin untuk terus berkarya dan meningkatkan kualitas produknya. Sehingga makin menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara. (dn)