Share ke media
Keagamaan

Dihadiri Bupati Kukar, Ribuan Santri Beseprah Usai Peringatan HSN 2023

23 Oct 2023 01:00:49103 Dibaca
No Photo
Bupati Kukar Edi Damansyah hadir dalam tradisi Beseprah atau duduk makan bersama dilakukan ribuan santri dari berbagai Ponpes di Halaman Kantor Bupati, Sabtu (22/10/2023). (istimewa)

Tenggarong – Tradisi Beseprah atau duduk makan bersama dilakukan ribuan santri dari berbagai pondok pesantren (Ponpes) di Kutai Kartanegara (Kukar), di Halaman Kantor Bupati, Sabtu (22/10/2023). 

Beseprah yang merupakan bagian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-9 tahun 2023 ini turut dihadiri Bupati Kukar Edi Damansyah.

Dalam bahasa Kutai, beseprah memiliki arti duduk bersila di atas tikar. Sembari makan bersama yang diikuti berbagai lapisan masyarakat dan para pejabat.

Beseprah kali ini diikuti unsur Forkompinda, para pejabat di lingkup Pemkab Kukar, jajaran Kemenag, jajaran MUI, para ustaz dan ustazah serta para santri seusai mengikuti upacara peringatan HSN.

Meski pesertanya berasal dari status sosial yang beragam, saat berlangsungnya acara ini perbedaan itu sama sekali tidak terasa. Mereka bersama-sama duduk bersila, menyantap hidangan dalam suasana akrab yang amat kental.

Dalam beseprah, para hadirin duduk secara berkelompok mengelilingi hidangan yang telah disediakan. (dn)