Share ke media
Pendidikan

Diikuti Puluhan Pelajar, Pemilihan Duta GenRe Kukar Hasilkan Motivator dan Komunikator Generasi Muda

26 May 2024 02:00:0869 Dibaca
No Photo
Para peserta Pemilihan Duta GenRe Kukar 2024. (istimewa)

Tenggarong – Dinas Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana (P2KB) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar grand final apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) di Hotel Grand Elty Tenggarong, Sabtu (25/5/2024). Sebanyak 40 peserta mengikuti pemilihan ini yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat perwakilan dari beberapa kecamatan di Kukar.

Ketua TP PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah membuka acara ini. Dirinya juga sekaligus dinobatkan sebagai Bunda GenRe Kukar.

“Kegiatan ini untuk memilih remaja berprestasi melalui Duta GenRe Kukar yang akan menjadi salah satu remaja Kukar yang memiliki kompetesi unggul dan dapat dijadikan role model, sebagai motivator dan komunikator bagi generasi muda,” tuturnya.

Para duta GenRe ini bertugas mengajak sesamanya agar dapat berpartisipasi aktif dan positif memanfaatkan peluang kesempatan masa remajanya dengan terus berinovasi dan menghadirkan karya terbaik dalam mengisi. Serta mewujudkan tujuan pembangunan di daerah khususnya menciptakan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berakhlak mulia unggul dan berbudaya.

“Acara ini adalah wujud nyata dari komitmen kita untuk menciptakan generasi muda yang tidak hanya cerdas dan kreatif, tetapi juga memiliki jiwa kepemimpinan dan kepedulian sosial yang tinggi. Kita semua sadar bahwa remaja adalah aset bangsa yang sangat berharga dan mereka adalah calon pemimpin masa depan,” terang Maslianawati.

Dia pun berharap melalui pemilihan GenRe tersebut bisa menemukan sosok-sosok inspiratif yang mampu menjadi teladan bagi teman-teman sebayanya. Sebagai pusat informasi konseling remaja.

“Kami sangat berharap para duta ini bisa menjadi jembatan komunikasi yang efektif, memberikan informasi yang akurat, serta memberikan dukungan emosional dan mental bagi para remaja lainnya,” tuturnya.

Dijelaskan, masa remaja adalah masa yang penuh dengan dinamika. Bimbingan dan informasi konseling remaja sangatlah berperan penting dalam masa-masa tersebut. Perlu disadari tantangan ke depan bagi bangsa ini hanya dapat dilalui jika saling bersinergi, bergotong royong dan berkolaborasi serta dapat memelihara harmonisasi dengan semua pemangku kepentingan dan semua perlu kerja keras dari semua.

“Mari kita bersama-sama berupaya menciptakan dunia yang lebih baik bagi anak-anak remaja kita. Di mana mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan cemerlang,” ujar Maslianawati.

“Apalagi kita sekarang menghadapi masa depan sebagai IKN tentu memerlukan generasi muda yang handal dan berinovasi, jangan sampai kita menjadi penonton di wilayah sendiri, generasi muda harus punya komitmen untuk ikut berperan,” pungkasnya. (dn)