Share ke media
Pendidikan

Disdikbud Kukar Gelar Lomba Gerak Jalan Meriahkan Hari Pendidikan Nasional 2024

30 Apr 2024 02:00:39144 Dibaca
No Photo
Gerak Jalan dalam rangka memeriahkan Hardiknas 2024 yang digelar Disdikbud Kukar. (istimewa)

Tenggarong – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar lomba Gerak Jalan tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK serta Guru/Tenaga Pendidik. Lomba dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ini dilepas Sekretaris Disdikbud Kukar Maria Ester, Senin (29/4/2024) pagi di depan Monumen Pancasila, Tenggarong.

Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Kukar Joko Sampurno mengatakan total peserta Gerak Jalan tersebut 216 regu. 

“Lomba tersebut dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 dan tujuannya ialah untuk meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya,” terangnya.

Adapun rute lomba gerak jalan meliputi start dari depan Monumen Pancasila Tenggarong menuju jalan Jalan KH Dewantara- Jalan Mawar-Jalan Gunung Pendidik-Jalan Diponegoro-Jalan Cut Nyak Dien-Jalan Ahmad Yani-Jalan Danau Aji-Jalan Danau Semayang-Jalan Kartini dan finish kembali ke Kedaton Kukar.

“Itu rute untuk SMA atau sederajatnya dan guru, sedangkan untuk pelajar SD dan SMP dipangkas langsung menuju Jalan Gunung Pendidik,” sambungnya.

Pihaknya menilai antusias peserta dalam mengikuti lomba gerak jalan sangat banyak dibanding dari tahun sebelumnya. Hal tersebut menunjukan minat dan kepedulian terhadap dunia pendidikan sangat baik. Dimana pada 2023 lalu hanya diikuti 150 regu saja sebagai peserta.

Harapannya, momentum Hardiknas 2024 ini, seluruh sekolah dapat memaknainya dengan baik. Guru diminta untuk meningkatkan kualitas siswa serta memfasilitasi potensi siswanya. 

“Kami berharap tahun depan momen Hardiknas khususnya lomba gerak jalan bisa lebih meriah lagi, dengan dikuti lebih banyak jumlah regunya,” tuturnya.

Selain Gerak Jalan, untuk memeriahkan Hardiknas, Disdikbud Kukar juga menggelar lomba pembuatan website, menulis essai, ranking satu untuk tingkat SD, SMP, SMA/SMK.

Puncak acara Hardiknas akan digelar upacara pada 2 Mei di halaman Kantor Bupati Kukar. Kemudian dilanjutkan senam bersama di Stadion Rondong Demang pada 4 Mei 2024. (dn)