Share ke media
Pendidikan

Diskominfo Kukar Gelar Sosialisasi dan Workshop Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan bagi KIM

11 Oct 2023 07:00:06175 Dibaca
No Photo
Staf Ahli Bupati Kukar bidang Administrasi Umum Ahyani Fadianur Diani membuka sosialisasi dan workshop Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan bagi KIM se-Kaltim di Aula Bappeda lantai I, Selasa (10/10/2023). (istimewa)

Tenggarong – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar sosialisasi dan workshop Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) se-Kaltim di Aula Bappeda lantai I, Selasa (10/10/2023). Kegiatan ini dibuka Staf Ahli Bupati Kukar bidang Administrasi Umum Ahyani Fadianur Diani.

Berlangsung selama dua hari, 10 dan 11 Oktober 2023, workshop ini diikuti anggota KIM se-Kaltim. Ketua Tim Kemitraan Komunikasi Publik Helmy Hafid dari Kementerian Kominfo RI dan para praktisi platform digital menjadi narasumber dalam kegiatan ini.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya yang dibacakan staf ahli Ahyani Fadianur menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Kementrian Kominfo RI. Serta Diskominfo Kaltim yang berkenan mengadvokasi untuk meningkatkan dan menguatkan kemampuan serta mempercepat proses transformasi digital tata kelola kemitraan komunikasi publik di daerah.

“Mengingat begitu pentingnya penguasaan teknologi informasi dalam berbagai aspek kehidupan publik saat ini dan di masa mendatang, sesuai perkembangan Iptek. Agar dapat menjawab berbagai tantangan dan hambatan perubahan zaman di era saat ini,” bebernya.

Disampaikan, terjadinya perkembangan Iptek saat ini dan di masa mendatang yang begitu cepat dan penuh tantangan. Terutama dengan adanya perkembangan teknologi 4,00 dan kompetisi global. Maka salah satunya diperlukan penguasaan dan kemampuan serta keterampilan SDM yang melek teknologi informasi digital.

“Melalui platform komunitas memungkinkan kita untuk membuat ruang online yang aman dan terjamin. Di mana anggota kita dapat berinteraksi satu sama lain, terutama dengan rekan kita, untuk berbagi pengetahuan, saling membantu, dan menciptakan jaringan yang berharga,” sebutnya.

Pemkab dalam hal ini memberikan apresiasi tinggi dan sangat mendukung kegiatan workshop bertema ”Sosialisasi Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan bagi KIM Se-Kaltim”. 

Bupati berharap melalui kegiatan ini dapat mempercepat proses transformasi digital yang dapat tertata kelola secara tepat dan benar dengan berbasis pada komunitas dalam KIM di daerah. Sehingga berdampak pada percepatan pertumbuhan dan peningkatan komunikasi publik yang lebih bernilai tinggi. 

“Serta mampu memperkuat dan memperkokoh jejaring komunikasi publik untuk mendukung tersedianya kebutuhan berbagai aspek penting dalam proses pembangunan di didaerah,” tegasnya. (dn)