Share ke media
Pendidikan

Dorong Percepatan Pengembangan Komoditas Kopi, ASN Pertanian Kukar Ikuti Bimtek

10 Oct 2023 12:00:2764 Dibaca
No Photo
Para ASN Kukar di sektor pertanian berfoto bersama dalam Bimtek. (istimewa)

Tenggarong – Badan Kepagawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kukar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Kompetensi Budidaya Panen dan Pasca Panen Kopi di Aula Bimtek UPTD BPPSDM Provinsi Kaltim, Sempaja Samarinda Senin (9/10/2023). Bimtek yang dibuka Sekretaris BKPSDM Kukar Suhada ini diikuti para aparatur sipil negara (ASN) Sektor Pertanian Kukar. 

Bupati Kukar Edi Damansyah melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Suhada menyambut baik dan mengapresiasi bimtek ini. Menurutnya bimtek ini sejalan dan mendukung Program Kukar Idaman, khususnya dalam pembangunan pertanian dalam arti luas sub sektor perkebunan.

“Penyiapan sumber daya manusia yang andal dan profesional merupakan bagian penting dan sangat menentukan untuk keberhasilan pembangunan pertanian. Saya berharap melalui Bimtek ini, dapat mendorong percepatan pengembangan komoditas kopi di Kabupaten Kutai Kartanegara dari hulu sampai hilir,” urainya.

Disampaikan, Kukar menjadi daerah sentra kopi salah satunya di wilayah Kecamatan Loa Kulu dan Marang Kayu. Malahan komoditas tersebut sempat tergerus dengan komoditas lainnya seperti karet dan kelapa sawit.

“Namun alhamdulillah saat ini minat masyarakat (petani) untuk mengembangkan kopi sudah mulai tumbuh kembali, mengingat pangsa pasarnya sangat menjanjikan. Beberapa daerah sudah menjadi sentra pengembangan kopi, antara lain di wilayah Jonggon (Loa Kulu), Desa Perangat Baru dan Cipari Makmur,” ujarnya.

“Program-program tersebut tentu telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2021-2026. Tujuan dan Sasaran Utama dari program ini adalah peningkatan produktivitas, produksi dan tingkat kesejahteraan petani,” jelasnya.

Bimtek budaya dan pasca panen kopi tersebut menghadirkan narasumber dari Jember. (dn)