Share ke media
Advetorial - DPRD Kabupaten Kutai Timur

DPRD Kutai Timur Dukung Program Data Desa Presisi dengan Catatan Perencanaan Matang

14 May 2024 05:00:19395 Dibaca
No Photo

Digitalnews - Sangatta - DPRD Kutim menegaskan pentingnya program data desa presisi sebagai landasan untuk mengidentifikasi permasalahan pembangunan di tingkat desa dengan lebih baik.

Anggota Komisi A DPRD Kutim, Novel Tyty Paembonan, menyatakan bahwa data yang akurat dan komprehensif akan menjadi bekal penting bagi DPRD untuk mengawal program pembangunan agar lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa.

“Tentu kita mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dalam merealisasikan program ini, namun menekankan bahwa proses pengumpulan data harus dilakukan dengan baik untuk menghasilkan data yang valid,” ungkapnya.

Dia menyoroti pentingnya sinergi dan koordinasi yang baik antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar data yang diperoleh menjadi komprehensif.

Program data desa presisi dinilai sebagai terobosan yang baik dalam memperkuat tata kelola pemerintahan desa.

Novel menekankan pentingnya pengawasan dari DPRD agar pelaksanaan program ini berjalan transparan dan akuntabel, serta untuk mencegah penyalahgunaan data.

“Kita juga menyoroti efisiensi dan optimalisasi anggaran dalam pelaksanaan program ini,” imbuhnya

Dia menyarankan untuk mempertimbangkan pelibatan pihak lain seperti Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan perusahaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mengisi kekurangan anggaran.

“Namun, ditegaskan perlunya audit ketat dalam penggunaan anggaran agar program ini benar-benar memberikan nilai tambah bagi pembangunan desa,” pungkasnya.ADV