Share ke media
Advetorial - DPRD Kabupaten Kutai Timur

DPRD Kutai Timur Mendukung Pengawasan Ketat Terhadap Tenaga Kerja Asing

15 May 2024 05:00:20392 Dibaca
No Photo
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Novel Tyty Paembonan.

Digitalnews - Sangatta - Anggota Komisi A DPRD Kutai Timur, Novel Tyty Paembonan, menegaskan pentingnya pengawasan ketat terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA) sebagai salah satu upaya untuk memprioritaskan penyerapan tenaga kerja lokal.

Dia menyatakan bahwa regulasi dan ketentuan ketenagakerjaan harus dipatuhi agar tidak merugikan kepentingan tenaga kerja lokal.

Novel juga menekankan perlunya program alih pengetahuan dan pelatihan bagi tenaga kerja lokal agar mereka dapat bersaing secara lebih baik di pasar kerja.

“Selain itu, tindak lanjut tegas harus dilakukan jika ditemukan pelanggaran seperti TKA ilegal atau perusahaan yang tidak mematuhi aturan,” tegasnya.

Politisi Partai Gerindra ini juga menyoroti pentingnya kerja sama dan koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait untuk memastikan efektivitas pengawasan.

“Ya kita mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur namun menekankan bahwa implementasi di lapangan harus konsisten dan tidak pandang bulu,” ungkapnya.

Novel menegaskan bahwa penegakan aturan harus dilakukan secara tegas tanpa adanya intervensi atau permainan dari pihak-pihak tertentu yang dapat mengganggu upaya pengawasan.

“Hal ini penting untuk menjaga keadilan dan keamanan dalam pasar kerja lokal,” pungkasnya.ADV