Share ke media
Ekonomi

Dukung PKH, Pemkab Kukar Beri Fasilitas Penunjang dan Operasional Para Pendamping

17 Oct 2023 01:00:5965 Dibaca
No Photo
Sekda Kukar Sunggono (kiri) dalam Rakor Program Keluarga Harapan. (istimewa)

Tenggarong – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Program Keluarga Harapan (PKH) di Hotel Harris Samarinda, Senin (16/10/2023). Rakor yang digelar Dinas Sosial Kukar ini dihadiri para pendamping PKH dari Kecamatan Loa Janan, Sangasanga, Tenggarong, Kota Bangun serta narasumber dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Banjarmasin, Dinas Sosial Kaltim dan Bappeda Kukar.

Kata Sunggono, PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga yang ditetapkan sebagai penerima manfaat PKH. PKH bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial.

“Kesejahteraan sosial yang disasar PKH adalah pelayanan dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan dan pendampingan serta perlindungan sosial lainnya,” terangnya.

Menurut Sunggono, dalam pelaksanaan program PKH ditugaskan pendamping PKH. Tugasnya meliputi sosialisasi PKH kepada aparat pemerintahan ditingkat kecamatan dan desa/kelurahan, OPD dan masyarakat umum. Melakukan pertemuan awal dan validasi data calon KPM PKH, verifikasi komitmen kehadiran KPM PKH, pada layanan fasilitas pendidikan dan kesehatan pada waktu yang telah ditetapkan.

Kemudian melakukan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2) bagi seluruh KPM PKH sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Serta mediasi, fasilitasi dan advokasi kepada KPM PKH untuk memperoleh bantuan sosial PKH dan bantuan program lainnya.

“Pendamping PKH diharapkan melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan memotivasi KPM dampingan untuk menggali potensi diri dan kemampuan agar mampu berdaya dengan diri sendiri, agar kehidupannya lebih sejahtera,” ujarnya.

Adapun P2K2 menurut Sunggono seharusnya lebih intens dilaksanakan oleh pendamping PKH. Karena momentum kegiatan ini adalah saat yang tepat untuk menyampaikan informasi, motivasi, dan edukasi kepada penerima manfaat.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Kukar mendukung penuh program keluarga harapan di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan memberikan support dan dukungan berupa fasilitasi penunjang dan operasional pendamping PKH,” tegasnya. (dn)