Share ke media
Wisata

Erau Adat Pelas Benua Kutai Kartanegara 2022 Adakan Lomba Balap Ketinting

01 Oct 2022 08:00:3919 Dibaca
No Photo
lomba ketinting seperti ini kota raja tenggarong bisa menjadi tujuan wisata favorit masyarakat kabupaten dan kota lainnya yang ada di Kalimantan Timur (Foto: murdian )

DIGITALNEWS -Kerabat Sultan Kutai Kertanegara ing Martadipura, Erau Adat Pelas Benua Kutai Kartanegara adakan Lomba Balap Ketinting ( Ces ) di bantaran sungai mahakam tepatnya di dermaga pulau kumala Tenggarong, Kalimantan Timur.


Lomba balap ketinting yang diadakan Kerabat Sultan Kutai Kertanegara ing Martadipura, bekerjasama dengan DPRD Kaltim, DPRD Kukar , PT. Raden , Erwin Sahabat Setia Etam (Esse), KBK, Persatuan Olahraga Ketinting (POK) kegiatan ini berlangsung dua hari sejak tanggal 30-1 Oktober 2022.


Lomba balap ketinting dibuka langsung Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI, Sultan Adji Muhammad Arifin, dihadiri Ketua DPRD Kaltim H. Hasanuddin Mas’ud S, Hut,.M.Si, Tanggal 30 September 2022

    

Lomba ketinting kali ini melibatkan beberapa Team Kabupaten yang ada di Kalimantan Timur diantarannya Kabupaten Kutai Barat- Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai tuan rumah.


Dalam Race Erau Adat Pelas Benua Kutai Kartanegara Tahun ini, memperlombakan ada beberapa kelas yakni: kelas 6-7 PK All Merek Underbone sebanyak 33 peserta sedangkan kelas 13-18 PK All Merek Underbone sebanyak 67 peserta.


Abdul Rasid, SE,.M.Si selaku Ketua DPRD kukar mengatakan sangat mengapresiasi dengan diadakannya Lomba Balap Ketinting yang diadakan Kerabat Sultan Kutai Kertanegara ing Martadipura.


Lomba balap ketinting kali ini sangat luar biasa, diantara lomba-lomba yang ada pada Erau Adat Pelas Benua Kutai Kartanegara 2022, Lomba ketinting yang banyak mendapat perhatian masyarakat ini terlihat banyaknya masyarakat menoton sepanjang turab yang menjadi lintasan lomba.


“Dengan banyaknya penonton pihak donatur sekaligus sponsor PT. Raden akan mengadakan even lagi yang lebih besar lagi Insya allah pada bulan desember yang akan datang”. ungkapnya


Oleh sebab itu para Tim pecinta ketinting persiapkan perahunya, persiapkan ketintingnya , mudah-mudahan even seperti ini bisa berkelanjutan karena lomba ketinting ini merupakan lomba tradisional yang merakyat.


“Saya sangat yakin lomba ketinting seperti ini kota raja tenggarong bisa menjadi tujuan wisata favorit masyarakat kabupaten dan kota lainnya yang ada di Kalimantan Timur”.katannya


“Bagi peserta yang menang hari ini saya ucapkan selamat yang belum menang hari ini jangan berkecil hati , bulan desember tahun ini masih ada kesempatan, persiapkan timnya dengan baik insya Allah akan juara”. ucap Abdul Rasid


Hadir sekaligus menyerahkan hadiah Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, SE,.M.Si, Anggota DPRD Provensi Kalimantan Timur, Anggota DPRD Kukar Dayang Marissa, S.Sos , Misran PT. Raden, Bapak Ismail , Erwin,SE selaku ketua panitia dan undangan lainnya , Sabtu 1 Oktober 2022 (yni /iwn ) (mur/iwn)

Terkini