Share ke media
Wisata

Festival Sarijaya Disarankan Masuk Event Tahunan Dinas Pariwisata Kukar

02 May 2024 03:00:3076 Dibaca
No Photo
Festival Sarijaya di Kelurahan Sarijaya, Kecamatan Sangasanga. (istimewa)

Tenggarong – Festival Sarijaya disarankan masuk ke dalam event tahunan Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar). Saran ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Kukar Rendi Solihin saat membuka Festival Sarijaya ke-44 di Jembatan Pelangi Kelurahan Sarijaya, Kecamatan Sangasanga, Rabu (1/5/2024).

Diketahui, hari jadi Kelurahan Sarijaya selalu diperingati masyarakat setempat melalui Festival Sarijaya. Karenanya Rendi menganjurkan festival yang digelar setiap tahun dan sudah empat kali berturut-turut diadakan tersebut supaya bisa masuk ke dalam event tahunan di Dispar Kukar yang bertajuk Kukar Kaya Festival.

“Syarat agar bisa masuk kedalam event tahunan Dispar yaitu telah melaksanakan kegiatan yang sama, di tempat yang sama dan agenda yang sama,” kata Rendi.

Disampaikan, dengan memasukan kegiatan ini ke Dispar, praktis kegiatan tersebut pasti akan mendapat anggarannya. Karenanya dia berharap kegiatan ini bisa difasilitasi dan dibantu untuk memasukkannya oleh dinas terkait.

Menurut Rendi, melalui festival ini Kelurahan Sarijaya bisa terus berkembang dan lebih maju masyarakatnya. Baik pembangunannya dan sumber daya manusianya.

“Alhamdulilah kegiatan Pemkab Kukar yang terus berjalan dalam membangun infrastruktur di kecamatan termasuk di Kecamatan Sangasanga. Sesuai dengan visi misi Kukar Idaman dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya baik itu pertanian, pariwisata, ekonomi kreatif dan lainnya agar terus berjalan secara berkelanjutan ke depan,” ungkapnya.

Sementara itu Lurah Sarijaya Agus Dina Feriani menjelaskan, beragam lomba yang digelar dalam memperingati hari jadi Kelurahan Sarijaya meliputi lomba ketinting, lomba ketapel, lomba voli, lomba bayi sehat dan lomba mengolah makanan berbahan ikan.

“Kami sangat berterima kasih atas rasa kebersamaan para masyarakat disini yang selalu bergotong royong dalam melakukan kegiatan, dimana sebagian besar masyarakat disini pekerjaannya sebagai nelayan dan tinggal diatas sungai,” kata dia.

Agus berharap festival selanjutnya di tahun akan datang bisa diperingati lebih meriah lagi dan lebih banyak lomba – lomba yang memeriahkan hari jadi Kelurahan Sarijaya. (dn)