Share ke media
Populer

Harum Center Adakan Kelas Digital Marketing, Sebagai Upaya Pendampingan Terhadap Calon Pengusaha Muda Kaltim

22 Jan 2021 11:00:26226 Dibaca
No Photo
FOTO: SALASATU KEGIATAN HARUM CENTER

Harum Center – Rintik hujan tak menghalangi semangat para Calon Pengusaha Muda Kaltim untuk mengikuti Workshop Digital Marketing yang diadakan oleh Harum Center, (Kamis, 21-01-2021). 

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari berbagai latar belakang, dari mulai mahasiswa yang akan mulai merintis usahanya hingga para pelaku usaha yang sudah memulai perjuangannya. Semua, tanpa terkecuali sangat antusias dalam mendengarkan pemaparan dari pemateri. 

Bertempat di “Ruangku Co Working Space”, Harum Center mengimplementasikan baktinya pada masyarakat, kali ini, dengan mengusung tema “Workshop Digital Marketing Sebagai Strategi Implementasi Perkembangan Teknologi Terhadap Para Pelaku Usaha”, wich is dilaksanakan dengan penerapan standar covid-19 sesuai anjuran dari Pemerintah. 

Sebanyak 29 peserta dari berbagai wilayah di Kota Samarinda ini diharapkan nantinya mampu merealisasikan ilmu yang didapat, dengan cara-cara yang ‘extraordinary’, berani ber-mindset out of the box dan yang terpenting lagi; menyegerakan adaptasi terhadap laju perkembangan teknologi, yang—-suka tidak suka, akan dihadapi. 

Kemudian, untuk memperoleh visualisasi lapangan, team Harum Center juga memberikan pertanyaan langsung apakah acara ini ingin terus diselenggarakan? Guess what? They really feel that this is all very useful, and yes! They hope that this is not the last. 

Terbukti dari para peserta yang berhasil diwawancarai oleh reporter, menurut Marinda Istiqomah (salah satu peserta workshop) yang akan memulai tantangan di dunia bisnis, ia sangat memberikan apresiasi kepada penyelanggara atas kegiatan yang sudah jarang ditemui di wilayah Kota Samarinda mengenai digital marketing. 

Ketika ditanya pada sebuah pertanyaan ‘klise namun sangat penting untuk bilas muka, gosok gigit, evalusai’, ia menyebutkan bahwa informasi training ini didapatkan dari broadcast info di group whatsapp yang diikutinya. Great.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 19.00 hingga pukul 21.00 WITA tersebut juga membuat pria yang akrab dipanggil Ari Hidayat, salah satu peserta yang merasa puas dengan pemaparan ilmu dari pemateri mengaku puas dan merasa lebih exited, “karena acara yang diselenggarakan mengikuti trend perkembangan zaman yang sangat berguna bagi para pelaku usaha pemula, maupun berjalan ditengah wabah yang masih menjadi isu besar negeri bahkan dunia,” tuturnya. 

Last But Not Least

Permasalahan Pandemi Covid-19 memang memberikan dampak serius terhadap ekonomi di Indonesia tidak terkecuali daerah Kaltim, khususnya Kota Samarinda. 

Program Coaching Digital Marketing ini, diharap menambah semangat dan skill baru pelaku usaha di khususnya mikro. Karena kita telah menjumpai zaman 4.0 dengan segala perkembangan digitalisasi dalam sektor apapun. 

Fauzan, penyelanggara acara, berharap program ini tetap berlanjut dengan banyak inovasi untuk Kaltim dan Indonesia, “harapannya agar human resources kita, bisa menjadi lebih berani dan siap dengan perubahan zaman. Sehingga generasi muda tidak gagap melainkan cepat dan tanggap dalam mengadaptasi era teknologi sekarang ini. SDM kita tidak kalah, kok, dengan daerah lain. Karena itulah, Harum Center mengambil inisiatif untuk kemudian mengisi ruang pendampingan kepada teman-teman enterpreneur. Dan ini juga sebagai bentuk keperdulian langsung dari pak Rudi Masud, ya,” Ujar Fauzan yang juga dikenal sebagai aktivis dakwah dan kepemudaan Kaltim. 

Tidak hanya berhenti di kegiatan Digital marketinging saja namun kegiatan kegiatan lain juga akan diselenggarakan kedepannya oleh Team Harum Center sebagai bentuk keperduliannya terhadap pertumbuhan ekonomi di wilayah Kalimantan Timur, dimana kita ketahui bersama bahwa di HUT Kaltim yang ke-64, misi Kaltim Berdaulat untuk Indonesia Maju harus terwujud di tahun 2021.

Terakhir, sedikit menyitir dari kalimat pengusaha nasional, almarhum Bob Sadino, “Bisnis yang bagus adalah bisnis yang dikerjakan. Bukan yang ditanyakan terus.”, Hal ini menyiratkan bahwasannya modal utama dalam memulai sesuatu, apapun itu, adalah keberanian dalam memulai. Dan apa yang dilakukan Harum Center, adalah bentuk support system kepada ‘mereka-mereka yang memiliki keberanian tersebut’. (red/by)

Terkini