Share ke media
Pendidikan

HKG Ke-52 PKK Kukar Lombakan Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja dalam Keluarga

25 May 2024 01:00:51128 Dibaca
No Photo
Penampilan salah satu peserta lomba penyuluhan pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga. (istimewa)

Tenggarong - Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di Tenggarong Seberang, Jumat (24/5/2024), turut melombakan penyuluhan pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga. Lomba ini diikuti 20 kecamatan se-Kukar. 

Wakil Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Fetty Puja Amelia Rendi Solihin menerangkan, lomba ini bertema penyuluhan pembinaan keluarga Indonesia sehat tanpa Narkoba (Krisna) oleh Kelompok Kerja (Pokja) 1 TP PKK Kukar. Sementara itu Pokja 2 menggelar lomba Gelar Pelangi, Gerakan Keluarga Indonesia dalam peningkatan kwalitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi.

“Tujuan lomba ini selain merupakan salah satu kegiatan program TP PKK, lomba ini bisa menjadi ajang belajar dan lebih mengenal program PKK untuk nantinya ditularkan kepada masyarakat,” jelasnya.

Fetty menyatakan salah satu tema lomba yang diambil merupakan situasi dan kondisi di tengah masyarakat. Dengan banyaknya kejadian di daerah seperti perceraian, kenakalan anak anak dan remaja karena kurangnya komunikasi antara orang tua dan anak.

Kata dia, peran orang tua dalam keluarga sangatlah penting dalam mendidik dan membina keutuhan rumah tangga. Komunikasi dalam keluarga sangatlah penting agar selalu tercipta hubungan yang harmonis dan saling hormat-menghormati.

“Apabila ini semua dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, maka tidak akan terjadi perceraian, kenakalan remaja dan lain-lain,” tambahnya.

Lebih lanjut disampaikan, kunci utama dalam membina keutuhan keluarga adalah komunikasi yang baik dan harus ditanamkan dalam keluarga. Fetty merasa kagum dan mengapresiasi akan penampilan para kader-kader PKK.

”Mereka sangat bagus menyampaikan materi dan mudah-mudahan apa yang disampaikan ini, bisa disampaikan juga ke masyarakat,” ungkapnya.

Fetty selaku pengurus PKK Kabupaten pun berharap kegiatan lomba-lomba ini bukan hanya sekadar lomba mencari yang terbaik. Melainkan bagaimana kegiatan PKK ini dapat lebih maju dan bermanfaat bagi keluarga dan bagi lingkungan masyarakat. (dn)