Share ke media
Wisata

Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kukar turut ramaikan pesta adat Erau 2018

22 Jul 2018 06:00:15135 Dibaca
No Photo
Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kukar, usai mengikuti parade kirab budaya pada pagelaran Erau Adat Kutai dan International Folk Arts Festival (EIFAF 2018), Depan Kedaton Kutai Kartanegara, Tenggarong, Sabtu 21/07/2018

DigitalNews.id - Tengarong - Ikatan keluarga minangkabau (IKM)Kukar ikut serta mensukseskan pesta erau adat kutai dan international folk arts festival (EIFAF 2018), hal ini tampak warga minang mengenakan berbagai pakaian adat khas minang dan turut menggelar tarian saat kirab budaya yang dimulai dari jalan Kh. Ahmad muhksin, finish didepan keraton kesultanan kutai kartanegara di Tenggarong, Sabtu, 21/07/2018.
Ketua ikm kukar ketika dihubungi oleh media ini mengatakan “keikutsertaan kami dalam erau adat kutai tahun 2018 ini adalah suatu bentuk partisipasi, dalam rangka ikut melestarikan budaya yang ada di Nusantara. 
Ikatan Keluarga Minang Kutai Kartanegara didirikan sebagai mana pribahasa dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, yang artinya dimanapun berada keluarga minang diperantauan itu tetap memperhatikan kaidah-kaidah atau budaya-budaya yang berkembang dimana ia berada, sebagaimana di kutai kartanegara khususnya di tenggarong.
“Sebagaimana difahami bahwa masyarakat minang atau biasa dikenal “orang minang” di sumatera barat adalah orang melayu yang beragama Islam, sebagaimana warga kutai kartanegara, juga adalah ras melayu sehingga memiliki kesamaan budaya dan agama” ujarnya.
Hal lainnya dikatakannya bahwa pada dasarnya orang minang yang merantau dibumi kutai kartanegara, ingin berpartisipasi dan turut membangun kutai kartanegara, antara lain turut melestarikan dan mengembangkan budaya yang ada, sehingga merasa bahwa Kutai Kartanegara juga merupakan kampung halaman baginya.
Komitmen yang tinggi oleh warga minang itu dimanapun ia berada, selalu menjunjung tinggi falsafah atau kaidah-kaidah dan budaya masyarakat setempat, selalu terus berusaha untuk menyesuaikan diri serta turut serta membantu pemerintah daerah bersama menjaga kondusifitas daerah serta mempererat silaturahmi dengan warga-warga lainnya”. pungkasnya