Share ke media
Keagamaan

Jadi Tuan Rumah, Kota Bangun Darat Siap Gelar MTQ Ke-44 Tingkat Kabupaten Kukar

03 Nov 2023 12:00:2991 Dibaca
No Photo
Foto bersama kegiatan expose pelaksanaan MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Kukar. (istimewa)

Tenggarong – Kecamatan Kota Bangun Darat siap menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Hal ini disampaikan Pemerintah Kecamatan Kota Bangun Darat yang menjadi tuan rumah.

“Kami yakin dan percaya, kegiatan ini akan berlangsung sukses dan lancar,” ujar Camat Kota Bangun Darat Julkifli, Kamis (2/11/2023).

MTQ ke-44 Tingkat Kabupaten Kukar sendiri bakal digelar dari tanggal 9 sampai 16 November 2023 di Desa Kota Bangun III, Kota Bangun Darat. Tema yang diangkat yaitu “Mewujudkan generasi Qurani yang Berakhlakul Karimah Menuju Kukar Idaman yang Sejahtera dan Bahagia.“

Julkifli menyebut pihak kecamatan beserta masyarakatnya akan memberikan yang terbaik untuk para tamu dan kafilah MTQ. Persiapan MTQ ke-44 diklaim hampir 97 persen. 

Dia juga memohon arahan dan bimbingan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar agar semuanya dapat berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan bersama. Pihaknya memohon maaf apabila ada kekurangan dan keterbatasan selama berada di Kecamatan Kota Bangun Darat. 

“Maklum kecamatan Kota Bangun Darat adalah Kecamatan baru yang diresmikan atau dibentuk berdasarkan Perda Nomor 5 Tahun 2020, yang beribu kota di Desa Kedang Ipil, yang sementara ini menjadi ibu kota Kota Bangun Darat,” jelas Julkifli.

Adapun yang masuk dalam wilayah Kecamatan Kota Bangun Darat ini meliputi 10 desa di antaranya Desa Kedang Ipil, Sedulang, Benua Baru, Kota Bangun I, Kota Bangun II, Kota Bangun III, Sumber Sari, Sari Nadi, Sula Bumi dan Wonosari dengan jumlah penduduk seluruhnya 14,265 orang. Slogannya Hijau Berseri, singkatan untuk Harmoni, Inovatif, Jaga Budaya, Agamais, Udara Sehat, Bersih, Sejuk dan Rapi.

Julkifli juga sempat memperkenalkan beberapa daerah wisata yang ada di Kota Bangun Darat yang bisa digunakan untuk berdarmawisata bagi para kafilah MTQ. Yaitu Danau Kumbara di Desa Kota Bangun III, air terjun sampai ntehan di Desa Benua Baru Kota Bangun Darat, Wisata air terjun suka alam di Desa Suka Bumi.

“Dijamin bisa menghilangkan rasa capek setelah mengikuti berbagai kegiatan,” sebutnya. 

Di hari yang sama, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kukar Sunggono, melantik Dewan Pengawas dan Tim Verifikasi MTQ ke-44 Tingkat Kabupaten.

“Selamat Kepada Dewan Pengawas MTQ dan Tim Verifikasi yang baru saja dikukuhkan. Laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, jadikan tugas-tugas itu sebagai ladang amal ibadah mendapat berkah dan rida Allah SWT,” tuturnya.

Sunggono berharap sebagai dewan pengawas agar melakukan pengawasan secara profesional mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai berakhirnya pelaksanaan MTQ. Sebagai Tim Verifikasi, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya, pastikan semua peserta memenuhi syarat yang telah ditentukan. (dn)

Terkini