Share ke media
Keagamaan

Jaga Kebugaran, Calon Jemaah Haji Kukar Diminta Tak Lakukan Hal yang Sia-Sia

03 May 2024 02:00:57412 Dibaca
No Photo
Calhaj Kukar mengikuti Bimbingan Manasik Haji Reguler se-Kukar oleh Kantor Kemenag Kukar, di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, Kamis (2/5/2024) pagi. (istimewa)

Tenggarong – Para calon jemaah haji (Calhaj) Kukar diminta tidak melakukan aktivitas sia-sia. Hal ini demi menjaga kebugaran saat kelak melakukan rangkaian ibadah haji.

Imbauan itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kukar Nasrun saat pembukaan Bimbingan Manasik Haji Reguler se-Kukar oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kukar, di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, Kamis (2/5/2024) pagi.

“Jangan mengerjakan kegiatan yang tidak manfaat menjelang keberangkatan, kami ingin bapak ibu sekalian (calon jamaah haji, Red) agar tetap fit kondisinya tidak capek karena hal-hal yang tidak perlu,” tuturnya. 

Nasrun turut menyarankan calhaj tidak lagi menggelar acara selamatan di rumah sepekan sebelum keberangkan. Melainkan menggunakan waktunya untuk beristirahat menghadapi persiapan keberangkatan.

Diketahui, jemaah haji Reguler Kukar 2024 berjumlah 546 orang yang akan dibagi dalam empat Kelompok terbang (Kloter). Kloter pertama 319 orang ditambah 6 petugas berangkat tanggal 14 Mei. Kloter selanjutnya berangkat pada 3 Juni, Kloter berikutnya berangkat pada 6 Juni, kloter terakhir berangkat pada 7 Juni.

Pelepasan Jamaah Haji Kukar akan dilaksanakan Kamis 9 Mei atau sepekan sebelum berangkat kloter pertama.

“Tolong berikan pemahaman pada pengantar saat keberangkatan nanti agar tak ikut masuk ke Masjid Agung, ini untuk mencegah sesuatu hal yang tak diinginkan,” tegas Nasrun.

Diharapkan kegiatan Bimbingan Manasik ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Calon Jamaah Haji, sehingga ibadah lancar dan menjadi Haji Mabrur. Dia berpesan agar jamaah menjalankan dua prinsip, yakni pertama haji itu sah, dan yang kedua selamat hingga kembali ke tanah air.

Nasrun juga menginformasikan bahwa cuaca Makkah diprediksi panas, maka persiapkan dengan baik. Jemaah hendaknya mengikuti saran petugas, lantaran petugas yang mendampingi akan mengupayakan jamaah melaksanakan ibadah dengan baik dan pulang dengan selamat.  

“Jaga diri dengan baik, ikuti manasik dengan seksama, semoga menjadi haji mabrur dan selamat kembali ke rumah,” pungkasnya. (dn)