Share ke media
Populer

Jembatan Mahakam Kerap Ditabrak, DPRD Kaltim Jadwalkan Panggil Instansi Terkait

23 Nov 2019 10:00:39789 Dibaca
No Photo
Foto: Pilar Jembatan Yang Kembali Ditabrak Tongkang

SAMARINDA- Komisi III DPRD Kaltim menyoroti insiden tertabraknya salah satu tiang jembatan oleh kapal tongkang.


Diketahui jembatan yang sudah berusia lebih dari tiga dekade itu sudah berulang kali ditabrak, terakhir jembatan kembali ditabrak pada Minggu (17/11).


Ketua Komisi III, Hasanuddin Masud secara tegas meminta KSOP sebagai otoritas pelabuhan untuk melakukan tindakan kongkrit agar kejadian serupa tidak terus berulang.


“Kami minta kepada KSOP sebagai otoritas pelabuhan agar melakukan tindakan kongkrit seperti tidak memberikan pelayanan terhadap perusahaan yang belum menyelesaikan Case dan meminta pertanggung jawaban Pelindo yang menjadi operator pemanduan,” ungkapnya saat dikonfirmasi via pesab Whatshap.


Politisi partai Golkar ini juga mempertanyakan kenapa Case terus berulang tanpa ada evaluasi, sedangkan ada tarif yang harus dibayar.


“Kenapa case ini terus terjadi berulang -ulang sedangkan ada tarif yang dibayar oleh pengguna jasa pemandu dan kapal tunda dan harusnya semua itu dicover oleh asuransi,” ungkapnya.


Sementara itu Anggota komisi III dari fraksi Gerindra, Seno Aji mengatakan kalau pihaknya telah menjadwalkan pemangilan terhadap instansi terkait.


“Senin besok kita jadwalkan untuk dengar pendapat,” ucapnya.


Diketahui sebelumnya bahwa Tongkang penabrak itu melakukan pengolongan diluar jadwal yang sudah ditetapkan sesuai waktu Pandu.


Berdasarkan hasil Indentifikasi bahwa BG Finance 37 yang di tarik tughboat (TB) Entebe Emerald 59 menuju Jetty Perusahaan Tambang Batu Bara Wilayah Kutai Kartanegara (Kukar) pada Jumat (17/19/2019) Pukul 20.28 WITA. 


(Hr/*)