Share ke media
Populer

Kaleidoskop Kukar Idaman 2021, Tekan Kasus Covid, Luncurkan Kredit Idaman hingga Raih Banyak Prestasi

27 Dec 2021 03:00:25400 Dibaca
No Photo

SEJUMLAH agenda mewarnai jalannya pemerintahan di Kutai Kartanegara (Kukar) selama tahun 2021. Kendati dibayangi pandemi Covid 19, sejumlah program berhasil dijalankan di bawah kepemimpinan pasangan Damansyah-Rendi Solihin yang dilantik 26 Februari 2021 lalu.


Edi-Rendi mengusung 23 program dalam melaksanakan visi dan misi ‘Mewujudkan Masyarakat Kutai Kartanegara yang Sejahtera dan Berbahagia’.


Secara umum, terdapat sepuluh program prioritas yang akan dilaksanakan keduanya selama lima tahun ke depan. Yakni penataan birokrasi pemerintahan untuk mewujudkan pemerintahan secara digital; pengembangan pertanian untuk mewujudkan kawasan pertanian full mekanisasi, yang saat ini dua kali musim tanam agar ke depan bisa tiga kali musim tanam; memfasilitasi 25 ribu nelayan untuk meningkatkan kapasitas nelayan.


Selain itu, memberikan akses permodalan ke pasar se-Kukar; dalam bidang pendidikan dan sumber daya manusia. Akan ada 10 ribu beasiswa yang akan ditetapkan terdiri dar SD-SMP. Santri, beasiswa tematik serta seribu guru untuk S1; program Kukar berkah yang meliputi bantuan untuk pondok pesantren Rp 100 juta per pesantren.


Lalu, penguatan fiskal desa melalui bantuan khusus keuangan khusus ke desa. Adapun program tersebut yakni berbasis Rukun Tetangga (RT), jumlah bantuan per RT sebesar Rp 50 juta; memperbaiki konektivitas infrastruktur jalan yang sudah tersambung di 18 kecamatan di 143 kelurahan se-Kukar. Jika ada jalan yang kondisinya masih tanah akan diperbaiki serta ditingkatkan.


Berikutnya, memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif yang telah dibangun tahun 2020. Melalui program Kukar Kaya Festival, dalam kegiatan ada 100 festival yang dilaksanakan, yang melibatkan para milenial agar ikut andil memberikan kontribusinya; memberikan fasilitas dan rehabilitasi rumah ibadah.


Dalam satu tahun terakhir, berikut kegiatan Pemkab Kukar selama kepemimpinan Edi Damansyah-Chairil Anwar dan Edi Damansyah-Rendi Solihon.


Tanggulangi Virus Corona (Januari)


Pada Januari 2021, Kukar masih menghadapi pandemi Covid-19. Semua usaha dikerahkan untuk melawan penyakit menular tersebut. Salah satunya melalui vaksinasi Covid-19.


Pertengahan Januari, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar melakukan simulasi vaksinasi Covid-19. Pada 12 Januari, Pemkab Kukar menerima 7.040 dosis vaksin Sinovac dari pemerintah pusat.


Vaksin tersebut diprioritaskan untuk 3.503 tenaga kerja yang menjadi garda terdepan dalam melawan Covid-19. Kepala Dinkes Kukar, Martina Yulianti menyebutkan, mereka adalah orang-orang yang berpotensi besar tertular virus corona yang ditemukan pertama kali di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China itu.


Pada bulan Januari, kasus Covid-19 di Kukar tergolong tinggi. Per 25 Januari 2021, terdapat 6.471 kasus terkonfirmasi positif yang terdiri dari 1.241 kasus aktif, 5.097 kasus sembuh, serta 123 kasus meninggal dunia.


Karena itu, Bupati Edi mengeluarkan surat edaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlaku pada 27 Januari hingga 9 Februari 2021. Isinya, pembatasan ASN keluar daerah hingga pembatasan ibadah di rumah-rumah ibadah.


Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati (Februari)


Bulan Februari merupakan momentum yang paling dinanti masyarakat Kukar setelah Edi-Rendi terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kukar periode 2021-2024. Pada 26 Februari lalu, keduanya dilantik sebagai orang nomor satu dan nomor dua di daerah kaya sumber daya alam tersebut.


Enam hari sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar menetapkan Edi-Rendi sebagai pemenang Pilkada Kukar 2020. Pasangan Edi-Rendi mendapatkan 200.632 suara, sedangkan Kokos 70.507 suara. Dari 491.767 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kukar, total pengguna hak pilih sebanyak 278.175, terdiri dari laki-laki 136.282 orang dan perempuan 141.893 orang.


Selain itu, pada Februari 2021, Pemkab Kukar masih berupaya melawan pandemi Covid-19 yang kian mengkhawatirkan publik. Karena itu, pemerintah daerah mengambil sejumlah langkah, salah satunya melibatkan rukun tetangga dalam melawan Covid-19.


Bupati Kukar pun meresmikan Posko RT Sigap Covid-19 pada 16 Januari 2021 di Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kulu, Kukar.


Edi mengatakan, sinergi dengan Satgas Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Kukar melalui RT di 193 desa dan 44 kelurahan maupun elemen lainnya terus dilakukan Pemkab Kukar. Tentunya dengan partisipasi aktif dan berkontribusi nyata dalam percepatan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Kukar.


Meski sedang menghadapi pandemi Covid-19, masyarakat Kukar tetap mengulurkan tangan kepada warga yang tertimpa banjir di Provinsi Kalimantan Selatan. Kala itu, Wakil Bupati Kukar sebelumnya, Chairul Anwar melepaskan secara simbolis bantuan untuk warga yang terdampak banjir di provinsi tersebut.

Terkini