Share ke media
Ekonomi

Kembangkan Kopi dan Kakao, Pemkab Kukar Jajaki Kerja Sama Puslikoka Jember

10 Oct 2023 02:00:1669 Dibaca
No Photo
Bupati Edi Damansyah (tengah) saat mengunjungi kebun kopi di Kukar. (istimewa)

Tenggarong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) tengah melakukan penjajakan untuk menjalin kerja sama dengan dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslikoka) Jember. Kerja sama ini dalam rangka pengembangan kopi dan kakao.

Hal ini disampaikan Sekretaris BKPSDM Kukar Suhada saat membacakan sambutan tertulis Bupati Kukar dalam Bimtek Kompetensi Budidaya Kopi bagi ASN sub Pertanian, Senin (9/10/2023) di UPT BPPSDM Provinsi Kaltim, Sempaja Samarinda.

Disampaikan, dalam kedua program proritas tersebut, Pemkab Kukar dengan dukungan stakeholder terkait bakal melakukan intervensi. Mulai dari hulu sampai dengan hilir, termasuk pemasaran.

Adapun kegiatan prioritas dalam program tersebut, antara lain, pembangunan 120 unit embung skala kecil; pembangunan/perbaikan 120 km jalan usaha tani/jalan produksi; pembentukan unit usaha pertanian pada Perusda; mendorong pembentukan unit usaha pertanian pada BUM Desa termasuk Koperasi Petani (Badan Usaha Milik Petani); peningkatan areal tanam jagung seluas 30 ribu hektare; fasilitasi sarana/prasarana bagi 25.000 nelayan/ pembudidaya perikanan dan pembangunan sentra Industri Kecil Menengah (IKM).

“Mudah-mudahan dalam penjajakan kerja sama nantinya ada kesamaan. Sehingga kapasitas dan kompetensinya dalam budidaya, panen dan pascapanen kopi yang pada akhirnya dapat mendukung percepatan pencapaian pembangunan pertanian di Kabupaten Kutai Kartanegara dapat tercapai dengan baik,” tegas Suhada. (dn)