Share ke media
Populer

Ketua DPRD Kaltim: Pembangunan Jangan Terpaku Pada Ibukota Negara Saja

10 Jan 2020 02:30:45420 Dibaca
No Photo
Makmur HAPK, Ketua DPRD Kaltim

SAMARINDA | Kalimantan Timur telah ditunjuk sebagai lokasi ibukota negara, sejumlah megaproyek tengah disiapkan untuk menyambutnya.

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK menyambut baik sejumlah rencana pembangunan itu. Namun ia mengingatkan agar pemerintah provinsi tidak fokus pada pembangunan IKN.

“Ibu kota itu jelas, ada tanggung jawab pemerintah pusat yang ingin mewujudkan,”kata Makmur pada Kamis (9/1/2020).

Menurutnya ada hal yang tidak kalah penting adalah pemerintah juga perlu melirik masyarakat Kaltim.

“Kalau kita mensukseskan ibu kota, juga harus mensukseskan pembangunan masyarakat Kaltim secara keseluruhan,”jelasnya.

Ketua Ika Fisip Unmul ini mengatakan, masih banyak hal yang belum tuntas di benua etam ini. Misalnya saja mengenai jembatan, air bersih, listrik, dan lainya.

“Nah ini yang harus menjadi perhatian utama,”bebernya.

Dirinya berharap Harap agar pembangunan ibu kota nantinya bisa sejalan dengan pembangunan masyarakat Kaltim. 

Lebih Khusus pada masyarakat pedalaman. Menurutnya Itu perlu ada sentuhan khusus. Bagi kota Samarinda dan Balikpapan, dalam artian sudah menikmati infrastruktur dasar seperti listrik, jalan, pendidikan, kesehatan.

“Tapi kalau kita meninjau disana (pedalaman) harus betul-betul diseriusi juga gitu. Harus seiiring. Kita tidak semata-mata dalam artian, Ibukota ini tapi harus juga pemerintah pusat memperhatikan pembangunan masyarakat kita,” terang politisi Partai Golkar.

Hal itu disebutkan Agar sejalan dengan keberadaan ibu kota juga dengan pembangunan sumber daya manusia yang ada di Kaltim.

Paling tidak kata dia, jalan yang sudah terbuka harus diperhatikan, dirinya berharap ditahun 2020 anggaran provinsi Kaltim memiliki anggaran lebih Karena Kaltim akan menghadapi permasalahan permasalahan infrastruktur yang sejalan dengan, pemindhaan ibu kota. 

Makmur mengaku sependapat dengan rencana pembangunan Proyek Strategis Nasional. “Itu kita harus goalkan, tapi kita juga harus memperhatikan pembangunan infrastruktur, masyarakat-masyarakat kita yang belum terealisasikan. Ia mencontohkan seperti belum terkoneksi nya antara Kutai barat, Mahulu dan pedalaman Berau. 

“Jangan sampai kedepan kita hanya terfokus membangun ibu kota saja, tapi harus secara keseluruhan membangun masyarakat Kaltim,”ucap Makmur.


(Jr)