Share ke media
Pendidikan

Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid hadiri Apel dalam rangka mengapa hari ini kita peringati hari kesaktian Pancasila

02 Oct 2022 08:00:3416 Dibaca
No Photo
Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid ikut hadir pada apel 1 oktober 2022 (Foto: murdian)

DIGITALNEWS - Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Laksanakan Apel dalam rangka mengapa hari ini kita peringati hari kesaktian Pancasila, Sabtu 1 Oktober 2022.


Sebagai Inspektur upacara Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dan turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara Abdul Rasid,SE,.M.Si Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara ( Forkopimda).


Sekretaris Daerah Dr. Sunggono, Staf Ahli, Para Asisten, para Kepala Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kab. Kutai Kartanegara, Jajaran TNI, POLRI,  ASN, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ketua Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan dan seluruh siswa-siswi di halaman kantor Bupati Kukar.


Edi Damansyah mengatakan hari ini,  secara serentak kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2022.


Bulan Oktober merupakan bulan yang sarat akan sejarah bangsa, sebagai jeda sejenak untuk menoleh kebelakang, melihat betapa para pendahulu kita teramat mencintai bangsa dan negara ini, mengorbankan jiwa-raganya demi kemerdekaan dan kedaulatan bangsa.


Peringatan Hari Kesaktian Pancasila hendaklah menjadi momentum yang tepat bagi kita, untuk semakin menghayati nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.


“Diantaranya Nilai-nilai luhur kehidupan berbangsa dan bernegara yang terkandung 5 nilai dalam sila Pancasila merupakan ideologi bangsa kita yang komprehensif”. tuturnya


Nilai-nilai tersebut sesuai dengan Tema Hari kesaktian Pancasila tahun 2022 yaitu “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila’‘. Melalui tema ini di harapkan bisa membawa Bangsa Indonesia lebih sejahtera dan berkemajuan sesuai jati diri bangsa Indonesia melalui Pancasila.


Pancasila sebagai sumber nilai, semangat untuk membangun sikap dan komitmen diri dalam membangun Kutai Kartanegara. Dalam hal membangun Kutai Kartanegara melalui program KUKAR IDAMAN sebagai sebuah gagasan yang tulus dari hasil pemikiran yang luhur untuk menghadirkan “Kutai Kartanegara yang Sejahtera dan Berbahagia”.


Visi yang kuat untuk membentuk manusia pancasila, melahirkan manusia Kukar yang beriman, berbudaya, berkualitas, berbahagia dan produktif melalaui pelayanan publik yang inovatif.


“Pemkab kukar telah gencar untuk mengimplementasikan Program KUKAR IDAMAN, serta membangun sinergitas antara Pemerintah, Swasta, Masyarakat dan Akademisi akan menghasilkan pembangunan yang tepat sasaran”. harapannya


Salah satu bentuk sinergitas saat ini, nantinya akan kita sampaikan Bea Siswa kepada Putra Daerah melalui Program Bea Siswa KUKAR IDAMAN bersinergi dengan PT Rea Kaltim yaitu kepada siswa yang telah lulus SMA dan SMK, untuk program D3 Budidaya Perkebunan Kepala Sawit Politeknik.


“Kami harapkan PT. Rea Kaltim dapat membuat program ini berkesinambungan bukan hanya program karbitan, namun program ini saya harapkan dapat menjadi role model dengan para investor dunia usaha lainnya”. Ucap Edi Damansyah

(iwn /mur)

Terkini