Share ke media
Politik

Lantik Kades PAW Purwajaya, Bupati Kukar Minta Fokus Kerjakan Pertanian dan Ekonomi Rakyat

11 Oct 2023 12:00:13442 Dibaca
No Photo
Bupati Kukar Edi Damansyah (kanan) dalam pelantikan kades PAW. (istimewa)

Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melantik dan mengambil sumpah Adi Sucipto sebagai Kepala Desa (Kades) Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Purwajaya sisa masa jabatan 2019-2025. Bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Purwajaya Kecamatan Loa Janan, Rabu (11/10/2023), dilakukan serah terima jabatan (Sertijab) dari Penjabat (Pj) Kades Purwajaya Anwar kepada Kades PAW terpilih, Adi Sucipto.

Bupati Edi dalam arahannya meminta Adi Sucipto betul-betul melakukan amanah tugas ini dengan baik. Karena masa pengabdiannya sebagai Kades hanya sekitar 15 bulan atau 1,3 tahun.

Menurutnya, menjalankan amanah ini tidak usah berpikir terlalu tinggi. Melainkan kerjakan saja apa yang menjadi kebutuhan masyarakat desa Purwajaya.

“Usahakan fokus mengerjakan pertanian dan program pemberdayaan kemasyarakatan ekonomi kerakyatan. Karena dilihat dari data struktur ekonominya desa Purwajaya ini juga cukup baik,” pintanya.

Salah satu indikator perekonomian desa Purwajaya baik karena warga Prasejahteranya (di bawah garis kemiskinan) sedikit. Untuk itu Edi meminta Adi melakukan hal-hal yang konkret, kerja sama dengan para pemangku kepentingan karena tidak ada keberhasilan yang dicapai dengan kerja sendiri.

“Yakni bagaimana berkomunikasi dan berkolaborasi, tentunya niatkan semua amanah ini dikerjakan lillahi ta’ala. Untuk mendapatkan bagaimana kita memberikan manfaat kepada sesama,” terang Edi.

Kata dia, dalam tahapan proses pemilihan Kades itu pasti ada perbedaan. Hal ini wajar lantaran demokrasi memang mengharuskan ada berbedaan. Perbedaan demokrasi itu untuk menguatkan, jangan sampai perbedaannya untuk memecah belah persatuan/kesatuan.

“Proses pemilihan Kades sudah selesai. Ada perbedaan di dalam proses pemilihan tutup. Mari buka lembaran baru lagi untuk bekerja bersama, membangun desa dan masyarakat desa Purwajaya,” sebut Edi.

Sementara, Adi Sucipto menyampaikan ucapan terima kasih karena pada 18 September lalu Desa Purwajaya telah melaksanakan pemlilihan Kades PAW dan terpilih sebagai Kades. Ucapan itu, disampaikan kepada seluruh perwakilan masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat desa Purwajaya, yang telah memberikan amanah untuk menjadi kades Purwaja.

“Kami mohon kepada seluruh masyarakat desa Purwajaya, agar bisa bersatu bergotong royong untuk membangun desa Purwajaya yang kita cintai bersama,” tegasnya. (dn)